Metro KendariPolitik & Pemerintahan

Serahkan Zakat ke Baznas, Gubernur Sultra Harap Jadi Penopang Ekonomi Bangsa

×

Serahkan Zakat ke Baznas, Gubernur Sultra Harap Jadi Penopang Ekonomi Bangsa

Sebarkan artikel ini

Kendari.portal.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyerahkan zakat kepada Badan Ambil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sultra, di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, pada Senin (17/4/2023) kemarin.

Mengusung tema “Terima Kasih Muzakki, Terima Kasih Mustahik” yang mengisyaratkan makna bahwa zakat sejatinya bukanlah mengeluarkan harta kita untuk orang lain, akan tetapi dengan berzakat justru kita mengeluarkan hak orang lain yang melekat dalam kepemilikan harta yang Allah titipkan kepada kita.

Mengawali sambutan ini, Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan, salah satu kewajiban bagi umat muslim yang memiliki kemampuan secara ekonomi dan telah memenuhi ketentuan syariat adalah menunaikan zakat.

Kata dia, pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat telah mengamanahkan kepada umat muslim, untuk menunaikan kewajiban berzakat melalui Baznas atau lembaga Amil Zakat dan unit pengumpul zakat yang dibentuk sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal tersebut, lanjutnya, dilandasi atas semangat untuk mewujudkan pengelolaan zakat yang lebih profesional, transparan dan akuntabel baik dari sisi pengumpulan dana zakat maupun dari aspek penyaluran dan pendayagunaan dana zakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang dinilai lemah secara ekonomi, serta membangun kemandirian ekonomi umat yang kuat dan berkelanjutan. Diharapkan dapat menjadi salah satu pilar utama penopang penguatan ekonomi bangsa Indonesia.

“Saya menyambut baik kegiatan penunaian zakat kepala daerah, Forkopimda, pejabat lingkup Provinsi Sultra dan pimpinan instansi vertikal yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan Ramadan,” kata Ali Mazi dalam siaran pers yang diterima portal.id, Rabu (19/4).

Usai memberikan sambutan Gubernur Sultra, melakukan pembayaran zakat dan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) lansia di Kota Kendari dan Kota Bau-Bau sebanyak 500 orang untuk masing-masing daerah yang akan disalurkan nanti oleh Dinas Sosial Provinsi Sultra.

Laporan AT

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id