Metro KendariPolitik & PemerintahanSerba-serbi

Baznas Salurkan Zakat ASN Pemkot Kendari ke 650 Janda dan Lansia

×

Baznas Salurkan Zakat ASN Pemkot Kendari ke 650 Janda dan Lansia

Sebarkan artikel ini

Kendari, portal.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) kepada 650 janda dan lanjut usia (Lansia).

Zakat yang diserahkan tersebut dikumpulkan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Penyerahan bantuan berupa uang tunai dan kebutuhan pokok ini berlangsung di Aula Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Kamis (15/6).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, mengapresiasi Baznas Kota Kendari karena telah mengelola dan menyalurkan ZIS ASN Pemerintah Kota Kendari pada yang berhak menerima.

Ia mengakui, masih banyak masalah sosial yang dihadapi di Kota Kendari, bukan hanya persoalan kemiskinan dan pengangguran, termasuk persoalan bencana yang harus segera mendapatkan tindak lanjut.

Persoalan ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah sehingga pemerintah membutuhkan dukungan pihak lain.

Seperti dalam pengelolaan dan penyaluran zakat, Pemkot Kendari sangat terbantu dengan keberadaan Baznas.

“Sekali lagi kita patut bersyukur bahwa, Baznas Kota Kendari telah menjalankan amanat undang-undang tentang bagaimana mengelola zakat yang benar dan secara bertahap kita bisa saksikan, rasakan, masyarakat sudah mulai dapat menikmati merasakan arti penting keberadaan Baznas di tengah masyarakat khususnya di kota Kendari,” kata Asmawa Tosepu dalam siaran pers yang diterima media ini, Jumat (16/6).

Orang nomor satu di Kota Lulo ini menjelaskan bahwa, selama delapan bulan bertugas di Kota Kendari, dia sudah melihat aksi tanggap dari Baznas dalam menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

Untuk mendukung kinerja Baznas, ia meminta para ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari lebih serius dan memberikan perhatian terhadap pembayaran zakatnya, karena selain perintah agama, membayar zakat juga menjalankan perintah undang-undang.

“Sebagaimana janji Allah dalam Alquran dan hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yakinlah bahwa, dengan kita mengeluarkan Rp1.000 akan lebih atau berlipat ganda dari Rp 1.000 kalau itu kita yakin, maka insya Allah tidak akan ada yang pernah merasa kekurangan bagi para pembayar zakat,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Kendari Amri Natsir mengatakan, penerimaan Baznas Kota Kendari bulan Juni 2023 sekira Rp206 juta dan yang disalurkan sebanyak Rp195 juta.

Bantuan itu diberikan pada 650 lansia dan janda yang tersebar di 65 kelurahan 11 kecamatan di Kota Kendari. Dimana setiap kelurahan mendapatkan kuota sebanyak 10 orang, terdiri dari 5 janda dan 5 Lansia.

“ZIS yang terbanyak berasal dari Dinas Kesehatan yakni Rp 32 juta setiap bulan, kemudian Inspektorat Kota Kendari, kemudian Satpol PP, kemudian Dinas Perhubungan, kalau saya tidak salah kecamatan Puuwatu sudah menyetor lewat TPP nya selain gaji,” jelasnya.

Untuk bulan selanjutnya, Baznas mengusulkan pada Pj Wali Kota Kendari untuk membantu masyarakat dalam bentuk bedah rumah, seperti perbaikan atap, lantai atau dinding.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id