Konawe SelatanSulawesi Tenggara

Panwaslu Kecamatan Andoolo Lantik 10 Anggota PKD untuk Pengawasan Pilkada 2024

×

Panwaslu Kecamatan Andoolo Lantik 10 Anggota PKD untuk Pengawasan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Panwaslu Kecamatan Andoolo
Panwaslu Kecamatan Andoolo bersama Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang baru dilantik, Minggu 2 Juni 2024. Foto : Ist

KONAWE SELATAN, Portal.id – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Andoolo melantik 10 anggota Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di wilayah Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan, pada Minggu 2 Juni 2024.

Pelantikan ini merupakan bagian dari tahapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang mencakup pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Acara pelantikan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Andoolo, Ibrahim Isnan, dan didampingi oleh anggota Panwaslu lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Andoolo, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa, dan anggota PKD se-Kecamatan Andoolo.

Dalam sambutannya, Ibrahim Isnan, menyatakan bahwa pelantikan PKD merupakan amanat Undang-Undang.

“Kami berharap PKD yang dilantik dapat menjalankan tugas pengawasan dengan jujur, adil, dan bersikap netral serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” ujar Ibrahim, yang akrab disapa Baem.

Ibrahim juga menekankan pentingnya pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran selama proses pengawasan di tingkat desa/kelurahan.

“Pastikan pengawasan yang cermat terhadap interaksi kandidat dan berikan perhatian khusus pada pengawasan atribut kampanye di jalanan, serta identifikasi dan laporkan pelanggaran terkait pemasangan spanduk, poster, dan bahan kampanye lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Ibrahim menambahkan bahwa Panwascam akan menjalin kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), wartawan, serta pemangku kepentingan lainnya terkait pengawasan Pilkada tahun ini. Ia juga mengingatkan jajaran pengawas pemilu untuk bekerja maksimal sambil memperhatikan waktu istirahat dan kesehatan mereka.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Pengawasan yang disampaikan oleh masing-masing Komisioner Panwascam.

Laporan Hardiyanto

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id