Bombana

Kampanye di Pasar Tadoha Bombana, Cagub Sultra ASR Soroti Stabilitas Harga Pangan

×

Kampanye di Pasar Tadoha Bombana, Cagub Sultra ASR Soroti Stabilitas Harga Pangan

Sebarkan artikel ini
Cagub Sultra, Andi Sumangerukka
Cagub Sultra, Andi Sumangerukka berfoto bersama masyarakat dan pedagang di Pasar Tadoha, Kabupaten Bombana. Foto : Ist

Portal.id, Bombana – Calon Gubernur (Cagub), Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor urut 2, Andi Sumangerukka (ASR) melanjutkan agenda kampanye hari ketiganya di Kabupaten Bombana dengan mengunjungi Pasar Tadoha, Kecamatan Rumbia, Sabtu (12/10/2024).

Kunjungan ARS ke pasar tradisional itu menandai hari terakhir rangkaian kampanyenya di Kabupaten Bombana. Kehadiran ASR mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan para pedagang

Dalam kampanyenya itu, ASR menyoroti pentingnya stabilitas harga bahan pokok. Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sultra itu mengungkapkan keprihatinannya terhadap fenomena lonjakan harga bahan pangan yang sering terjadi di pasar.

“Penting untuk memastikan kestabilan harga bahan pokok, selain untuk menjamin dapat dijangkau oleh daya beli masyarakat umum, juga memastikan bahwa harga bahan pokok di pasaran dapat mendatangkan keuntungan bagi pedagang. Seringkali yang terjadi di pasar, masyarakat umum tidak mendapatkan harga pangan yang layak, tetapi pedagang juga tidak mendapatkan keuntungan,” bebernya.

Menarik hasil kajian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), ASR menyebutkan salah satu penyebab lonjakan harga pangan, yakni kecurangan tengkulak yang kerap memonopoli harga.

“Ini yang akan menjadi perhatian ketika nanti terpilih dan diamanahkan menjadi Gubernur Sultra nanti,” ujarnya.

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Sultra itu menekankan, pentingnya pasar tradisional dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Pasar merupakan penggerak ekonomi kemasyarakatan, terutama pasar tradisional, karena dapat diakses dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat. Maka penting untuk memastikan sarana dan prasarana pasar yang lebih baik lagi, agar menjadi area perputaran roda ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Masyarakat yang hadir di Pasar Tadoha menyambut baik kunjungan ASR dan menaruh harapan besar padanya. Masyarakat berharap ASR bisa terpilih pada pemilihan mendatang dan mampu mengatasi berbagai tantangan yang selama ini dihadapi oleh masyarakat Sulawesi Tenggara. Dengan berakhirnya kunjungan di Pasar Tadoha, ASR mengakhiri rangkaian kampanyenya di Kabupaten Bombana.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id