Pendidikan & Budaya

Kakanwil Kemenag Sultra: Nuzulul Quran Momentum Mengakrabkan Diri Dengan Al Quran

×

Kakanwil Kemenag Sultra: Nuzulul Quran Momentum Mengakrabkan Diri Dengan Al Quran

Sebarkan artikel ini
Kemenag Sultra Gelar Buka Puasa bersama

Kendari, Portal.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar malam peringatan Nuzulul Quran sekaligus buka puasa bersama segenap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kemenag Sultra, Kamis malam, (29/4), bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sultra.

Peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan in dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Sultra ini, mengusung tema utama “Alquran dan Spirit Perdamaian Menuju Sultra Yang Berakhlak Qurani”.

Selaku Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad menjelaskan bahwa tema tersebut mampu memberikan semangat dan pesan kepada umat islam bahwa Al Quran merupakan baru hidup umat islam untuk terus menebarkan kedamaian dalam setiap kehidupan termasuk kehidupan beragama.

Fesal Musaad kemudian menitip pesan kepada segenap ASN Kementerian Agama sekaligus umat Islam di Prov. Sultra sebagai peringatan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum mengakrabkan diri dengan kitab suci Al Quran.

Ia mengungkapkan Sejarah islam menjelaskan bagaimana bulan ramadhan sebagai bulan yang mulia dan agung, dimana kitab suci Al Quran diturunkan melalui perantara Malaikat Jilbril dan diberikan kepada Rasulullah SAW sebagai baru hidup umat Islam. Dengan hal tersebut, Kakanwil tingkat betapa agung dan mulianya bulan suci ramadhan.

Kakanwil juga mengungkapkan tentang pentingnya meneladani akhlak Rasullullah SAW. “Rasulullah diagungkan, dimuliakan, dan dibesarkan bukan karena Rasulullah a bangsawan, bukan karena harta dan kekayaan, bukan juga pangkat dan kapasitas, namun Akhlak mulia Rasulullah yang mampu mengubah peradaban dunia,” jelas Kakanwil.

“Dalam dunia kerja dan pemerintahan, akhlak yang baik perlu ditanamkan yaitu dengan taat terhadap aturan, tidak semena-mena, setia terhadap pemimpin,” ungkapnya.

“Terakhir semoga ASN Kanwil Kemenag Sultra menjadi ASN yang taat dengan aturan, menjunjung tinggi supermasi hukum, sopan, dan tawaddu,” pungkas Kakanwil.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DWP Kemenag Sultra, Djenabun Fesal Musaad, Ketua MUI Sultra, KH. Djakri Nappu, Pimpinan dan Pengurus Ormas Islam Se Sultra, Pimpinan Pondok Pesantren Al Ikhlas Lambuya, KH. Nandar Trijaya, MA, Bank Mitra Kemenag Sultra dan segenap ASN Kemenag Sultra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.