Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Budaya · 12 Agu 2021 ·

PAUD di Kendari Bakal Belajar Tatap Muka, Prokes Ketat Diterapkan

  Bunda PAUD Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain. Perbesar

Bunda PAUD Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain.

Portal.id Kendari Pembelajaran tatap muka akan diterapkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tak terkecuali di Kota Kendari.

Hal itu diketahui usai digelarnya sosialisasi Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD Angkatan I dan Angkatan II oleh Direktorat PAUD secara Virtual, Selasa (10/8/2021).

Direktur PAUD, Muhammad Hasbi menjelaskan, Indonesia akan mempersiapkan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas kepada daerah yang menerapkan PPKM Level 1, 2, dan 3 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Mari kita dorong satuan PAUD dan satuan Sekolah Dasar (SD) untuk segera mempersiapkan diri melakukan opsi PTM terbatas bagi anak-anak kita yang berusia dini dan anak-anak kita yang berada dijenjang pendidikan dasar, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Muhammad Hasbi mengungkap, pengambilan keputusan itu disebabkan pembelajaran tatap muka lebih efektif daripada jarak jauh.

Selain itu, menurutnya, lebih banyak hal yang dapat dilakukan dengan metode pembelajaran tatap muka ketimbang pembelajaran jarak jauh, sehingga potensi anak usia dini lebih mudah untuk dikembangkan.

Bunda PAUD Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, peran orang tua di rumah juga sangat penting bagi anak yang akan melakukan sekolah tatap muka.

Sebab, menurutnya, persentase komunikasi dan berinteraksi anak lebih banyak dilakukan kepada orang tua di rumah.

“Peran serta orang tua dan pengambil kebijakan dibidang pendidikan sangat penting agar ketika anak-anak kita melakukan PTM terbatas, mereka benar-benar sudah terkondisikan dengan suasana sekolah, termasuk berinteraksi dengan teman-teman dan guru,” ungkap Sri Lestari Sulkarnain.

Untuk itu, dirinya meminta kepada para orang tua dirumah agar dapat mendukung anak-anak mereka untuk mau dan siap melakukan PTM terbatas.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

24 September 2021 - 13:20

Anak Yatim Dua Kelurahan di Kendari Terima Santunan dari Pertamina

3 September 2021 - 15:22

Pembelajaran Tatap Muka di Kendari Dimulai September

3 September 2021 - 14:38

Siswa SD Kota Baubau Promosikan Pariwisata Buton di Kemendikbud

30 Agustus 2021 - 15:07

Mahasiswa KKN Tematik UHO Edukasi ‘Adaptasi Kebiasaan Baru’ Para Pelaku Usaha Kuliner di Kota Kendari

28 Agustus 2021 - 09:27

Tak Dapat Kuota PPPK 2021, Guru Honorer di Kendari Adukan Nasibnya kepada DPRD

24 Agustus 2021 - 18:20

Trending di Pendidikan & Budaya
error: Share to copy paste !!