Konawe SelatanPolitik & Pemerintahan

Pemkab Konsel Gelar Gerakan Pangan Murah

×

Pemkab Konsel Gelar Gerakan Pangan Murah

Sebarkan artikel ini

Konawe Selatan, Portal.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Ketahanan Pangan Konsel menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pasar DU Kecamatan Buke, Selasa (3/10/2023). 

Hal itu dilakukan untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di daerah.

Kadis Ketahanan Pangan Konsel, Setia Ningsih Mengidi mengatakan gerakan pangan murah sudah yang kesekian kalinya dilakukan. Program ini, tak lepas dari dukungan Bupati Konsel yang konsisten menindaklanjuti program pemerintah pusat dalam upaya pengendalian inflasi di daerah.

“Kami juga berterima kasih kepada Perum Bulog Konsel selaku mitra pemerintah daerah atas dukungannya menyediakan pangan pokok pada kegiatan GPM yang diselenggarakan,” ungkapnya dalam giat yang dihadiri langsung Asisten III Setda Konsel, Syamsul serta sejumlah OPD lingkup Pemkab Konsel.

Ia menjelaskan, gerakan ini sebagai tindak lanjut keputusan Badan Pangan Nasional tahun 2023 tentang Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Gerakan Pangan Murah (SPHP-GPM). Di Konsel, program ini sudah kali keduanya dilaksanakan.

“SPHP-GPM ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan, dengan harga terjangkau atau harga di bawah pasar,” ujarnya.

Ada tiga macam bahan pangan yang tersedia, dan dijual Rp80 ribu, per paket. Diantaranya beras, minyak goreng, dan gula pasir. Dirinya berharap kegiatan GPM yang digelar bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Sesuai arahan dari Badan Pangan Nasional, gerakan ini diupayakan dilaksanakan secara berkelanjutan, dengan lokasi yang berbeda serta jumlah bahan pangan yang lebih banyak,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.