Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 5 Mei 2021 ·

Kendari Terpilih Sebagai Sampel Evaluasi Penyusunan RKP 2022 se Sultra

  Wali Kota saat hadiri musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di tahun 2022 Perbesar

Wali Kota saat hadiri musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di tahun 2022

Kendari, Portal.id – Pemerintah Kota Kendari terpilih sebagai sampel evaluasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di tahun 2022 Kabupaten/kota se Sultra bersama dengan Pemerintah Provinsi Sultra.

Kegiatan itu dilakukan dalam bentuk musyawarah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di tahun 2022 yang diikuti Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nani Ulina Kartika Nasution, di Media Center Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kendari, Selasa (4/5).

Kegiatan yang dibuka Kepala BPKP Sultra itu digelar, berdasarkan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Musyawarah yang digelar melalui video conference itu, membahas mengenai pentingnya perencanaan dan anggaran pemerintah yang berada di daerah bersama Kepala Daerah se Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala BPKP Sultra, Nani Ulina Kartika Nasution menjelaskan bahwa, evaluasi perencanaan dan penganggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau Daerah (APBD) merupakan bagian dari desain pengawasan BPKP yang berkelanjutan, sehingga manfaat evaluasi itu sendiri terbagi atas dua tingkatan.

Tingkatan pertama yakni tingkatan Pemerintah Daerah (Pemda) yang mencakup potensi ketercapaian sasaran pembangunan daerah, serta masukan perbaikan untuk anggaran perubahan penganggaran untuk di tahun berikutnya.

Selanjutnya, pada tingkatan nasional berupa manfaat evaluasi mencakup masukan kebijakan perencanaan dan penganggaran nasional, mapping kualitas penganggaran daerah dan masukan kebijakan untuk meningkatkan kualitas transfer di daerah.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, mengucapkan terima kasih kepala BPKP Sultra, karena telah memilih dan menunjuk Kota Kendari sebagai sampel pada evaluasi perencanaan dan penganggaran APBN/APBD.

“Kami merasa mendapat kehormatan, karena Kota Kendari ditunjuk untuk menjadi sampel dalam kegiatan ini, tentu kedepannya kami akan selalu siap untuk ikut berkontribusi, jika nanti diperlukan, kami berharap bisa melakukan peningkatan dan perbaikan demi tujuan yang diinginkan,” kata wali kota.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cegah Anarkisme Hukum, Demokrat Mentahkan Uji Materiil Yusril dengan Serahkan Bukti ke Kemenkumham

14 Oktober 2021 - 15:51

Wali Kota Kendari Terima Piala Kota Layak Anak

13 Oktober 2021 - 16:40

Gerak Cepat Rifki Saifullah Razak Serap Aspirasi Warga, Kantor Kelurahan Munse dan Sungai Lapulu Jadi Perhatian Serius

30 September 2021 - 22:39

Rifki Saifullah Razak

Temu Kangen Konstituen Rifki Saifullah Razak Gelar Reses di Munse Raya

30 September 2021 - 20:34

Temu Kangen Konstituen Rifki Zaifullah Razak Gelar Reses di Munse Raya

Kemendagri Berikan Nilai ‘Sangat Tinggi’ Untuk Penataan Kelembagaan Pemerintah di Sultra

28 September 2021 - 14:43

Harganas 2021, BKKBN Pusat Berikan Empat Penghargaan Bergengsi Untuk Sultra

28 September 2021 - 10:06

Trending di Politik & Pemerintahan
error: Share to copy paste !!