Politik & PemerintahanSulawesi Tenggara

Pj Wali Kota Kendari Dianugerahi Gelar Kebangsawanan dari Raja Surakarta

×

Pj Wali Kota Kendari Dianugerahi Gelar Kebangsawanan dari Raja Surakarta

Sebarkan artikel ini
Muhammad Yusup dan Ira Willis saat menerima gelar kabangsawanan dari Keraton Surakarta
Muhammad Yusup dan Ira Willis yang mengenakan busana Jawa Mataraman saat menerima gelar kabangsawanan dari Keraton Surakarta. Foto: Ist

KENDARI, Portal.id — Dalam sebuah upacara yang sarat akan makna, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup dan Ketua Tim Penggerak PKK Kendari, Ira Willis Kesumadoty dianugerahi gelar kebangsawanan luar biasa dari Raja Surakarta, Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono XIII, Sabtu (2/3/2024).

Yusup dianugerahi gelar Kanjeng Raden Tumenggung Yusup Joyodipuro, dan Kanjeng Mas Tumenggung Ira Willis Kesumadoty Sulistyaningtyas bagi Ketua Tim Penggerak PKK.

Gelar kebangsawanan yang diberikan adalah pengakuan atas kemampuan mereka Yusup dan Ira Willis dalam memimpin, mengatur, dan melestarikan adat-istiadat serta kebudayaan.

Dengan demikian, secara resmi Yusup dan sang istri menjadi bagian dari keluarga besar Keraton Surakarta.

Keberadaan mereka di Keluarga Besar Keraton Surakarta menegaskan posisi mereka sebagai pemimpin yang dihormati dan disegani, tidak hanya di Kota Kendari tetapi juga di mata Keraton Solo.

“Dengan keragaman budaya kita, kami menambah lagi keluarga kami dengan berbagai macam keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Keraton Kasunan Solo,” ujar Pj Wali Kota melalui keterangan resminya.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu menambahkan, gelar kesultanan yang diterimanya bukan sekedar pengakuan atas dirinya. Tetapi, tentang pengakuan atas komitmen Pemkot Kendari memperkaya dan melestarikan budaya di negeri ini.

“Kami menyadari bahwa di jawa ini terdapat hasanah yang begitu baik dengan strata yang tinggi, dan kami siap berkontribusi dalam pengembangan budaya kita. Dengan pemberian gelar ini, saya yakin akan mempererat lagi hubungan saya, khususnya Kota Kendari, dengan Pemerintah Solo. Mari kita bersama-sama menjaga warisan budaya ini agar tetap bersinar terang bagi generasi mendatang,” tandasnya.

Laporan Ferito Julyadi

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.