Fokus RedaksiKolaka TimurPendidikan & BudayaSulawesi Tenggara

PKM KELOMPOK TANI DALAM PENINGKATAN PRODUKSI PADI ORGANIK BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL DI DESA MONDOKE KABUPATEN KOLAKA TIMUR

×

PKM KELOMPOK TANI DALAM PENINGKATAN PRODUKSI PADI ORGANIK BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL DI DESA MONDOKE KABUPATEN KOLAKA TIMUR

Sebarkan artikel ini
Pkm

Kendari, Portal.id – Tim dosen Universitas Halu Oleo tahun 2021 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Mondoke Kecamatan Lamandia Kabupaten Kolaka Timur Propinsi Sulawesi Tenggara.
Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Dr. Hj Hartina Batoa, Dr Laode Afa dan Dr Putu Arimbawa.
Tema kegiatannya yaitu PKM kelompok tani dalam peningkatan produksi padi sawah organik.
Kegiatan PKM ini merupakan hibah pengabdian dari Ditrektorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Ketua Tim pengabdian Dr. Hj. Hartina Batoa mengatakan bahwa kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 1 tahun yang telah mulai dilaksanakan pada bulan Maret 2021.
Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pelatihan dan peningkatan kapasitas kelompok tani. Kegiatan pelatihan meliputi pelatihan pembuatan pupuk super bokasi dan pupuk cair organik, pelatihan budidaya padi sawah oganik dan pelatihan menajemen kelompok.
Pelatihan pembuatan pupuk super bokasi dan pupuk cair menggunakan bahan baku dari kotoran ternak sapi dari peternakan yang dikelola oleh kelompok.
Sedangkan pelatihan teknik budidaya padi sawah organik yang diperkenalkan adalah metode SRI (system of rice intensification).
Penguatan kelompok dilakukan dengan perbaikan manajemen kelompok dan pengadaan peralatan kelompok meliputi pengadaan alat tes hara tanah, alat semprot (sprayer) dan pengadaan alat pengolah tanah sawah.
Petani sawah organik yang menjadi sasaran kegiatan sangat antosias mengikuti kegiatan. Petani meningkat pengetahuan dan keterampilannya dalam pembuatan pupuk organik dan penerapan teknik budidaya.
Kegiatan PKM tersebut melibatkan pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur, Bank Indonesia, penyuluh pertanian dan praktisi berkolaborasi dalam mendampingi petani untuk pengembangan padi organik.
Kegiatan yang belum terlaksana yaitu kegiatan perbaikan kemasan produk padi organik (beras sehat) dan sertifikasi produk petani mitra.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel portal.id