Otomotif & Olahraga

PSSI Bakal Cetuskan Liga 4, Erick Thohir: Bisa Jadi Opsi Mencari Bibit Terbaik

×

PSSI Bakal Cetuskan Liga 4, Erick Thohir: Bisa Jadi Opsi Mencari Bibit Terbaik

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam gelaran Kongres Biasa PSSI 2024
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam gelaran Kongres Biasa PSSI 2024. Foto : Ist

OLAHRAGA, Portal.id – Pencetusan Liga 4 sepak bola Indonesia menjadi salah satu pembahasan utama dalam Kongres Biasa PSSI, Senin (10/6/2024).

Melansir dari laman resmi PSSI, Liga 4 Indonesia direncanakan untuk dua tahun ke depan, dengan tujuan sebagai terobosan untuk meningkatkan mutu sepak bola tanah air.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir saat membuka Kongres Biasa PSSI 2024 yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat menyampaikan liga sepak bola Indonesia harus dapat bertransformasi.

“Ada yang salah jika liga kita sekarang nomor 28 di Asia dan nomor 6 di Asia Tenggara. Jika liga 1 dan 2 harus bertransformasi, maka liga 3 dan 4 harus terus didorong dengan perbaikan manajemen liga. Oleh sebab itu saya minta seluruh stakeholder mendukung niat baik ini. Harus ada terobosan. Jika ada yang tidak mau, ya jangan salahkan jika tertinggal,” ujar Erick.

Menurutnya, kehadiran Liga 4 dapat menjadi opsi untuk mencari bibit-bibit terbaik sepak bola Indonesia. Ia menuturkan, kompetisi sepak bola di tanah air masih kurang secara kuantitas.

Menteri BUMN itu berencana menjadikan Liga 4 sebagai kompetisi untuk menaikkan terobosan di sepak bola Indonesia. Nantinya, akan ada penambahan kuota pemain asing menjadi delapan nama setiap klub Liga 1.

Tujuannya, agar klub-klub Liga 1 2024/2025 bisa bersaing di Asia sehingga mampu menjadi indikator kenaikan peringkat kompetisi Indonesia.

PSSI sebenarnya sudah mulai meningkatkan nilai Liga 1 dengan diadakannya VAR sejak babak Championship Series kemarin. Dikatakan, VAR saja tidak cukup dan harus ada beberapa terobosan ke depan.

“Kami sudah ada VAR tetapi kami harus melakukan perbaikan sistem di kompetisi untuk tahun ini. Ini harus didukung oleh semua stakeholder yang mempunyai niat baik untuk sepak bola Indonesia,” tandasnya.

Laporan Ferito Julyadi

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.