Menu

Mode Gelap
 

Bisnis · 22 Apr 2021 ·

Sultra Ekspor Minyak Sawit Ke China 309 Ton

  Salah satu aktivitas ekspor di Pelabuhan Kendari New port Perbesar

Salah satu aktivitas ekspor di Pelabuhan Kendari New port

Kendari, Portal.id – Provinsi Sualwesi Tenggara (Sultra) telah melakukan ekspor minyak kelapa sawit sebanyak 309 ton dengan negara tujuan China selama 2021 dari pelabuhan Kendari New Port.

“Kelapa sawit di Sultra memiliki potensi dan juga pasar ekspor yang besar. Sesuai kewenangan, kami bertugas memberikan fasilitasi ekspornya,” kata Kepala Karantina Pertanian Kendari, Prayitno Ginting, di Kendari, Kamis.

Selama ini kata Prayitno, minyak sawit asal Sultra hanya dilalulintaskan secara antar-area saja sebelum di ekspor ke luar negeri, sehingga tidak tercatat sebagai ekspor Sultra.

Dikatakan, ekspor minyak kelapa sawit dari Sultra ke China tersebut merupakan pencapaian penting, mengingat negara tersebut telah menerapkan persyaratan Import Health Standard (IHS) yang ketat.

Minyak kelapa sawid atau palm acid oil merupakan produk turunan kelapa sawit dengan kegunaan utama sebagai pakan ternak, bahan pembuatan sabun dan untuk produksi distilled fatty acid.

Karantina pertanian Kendari kata dia, terus mendorongan agar bertambah komoditas ekspor yang bisa diekspor langsung dari Kendari.

“Sangat disayangkan karena potensi pertanian di Sulawesi Tenggara termasuk tinggi, namun selama ini hanya tercatat di daerah lain karena belum tersedianya sarana yang memadai,” katanya.

Menurut dia, dengan melakukan ekspor langsung dari Sultra maka pelaku ekspor akan mendapat keuntungan berupa efisiensi biaya dan mutu produk lebih terjaga dan masyarakat Sultra juga akan mendapatkan harga terbaik sesuai harga ekspor.

“Selain itu, direct export ini juga dapat memberikan penerimaan bagi pemerintah daerah berupa penerimaan negara bukan pajak, meningkatkan volume ekspor daerah, dan dapat meningkatkan jumlah dana alokasi untuk pemerintah daerah,” katanya.

Selain minyak kelapa sawit kata dia, komoditas pertanian lain yang memiliki potensi besar untuk ekspor adalah Pala, Mete, kelapa, minyak nilam.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Serapan Bulog Rendah, Petani di Koltim Dibayangi “Bencana” Gabah Murah

15 Oktober 2021 - 16:27

BEI Motivasi Generasi Muda Untuk Jadi Investor di Pasar Modal Lewat Gelaran CMSE 2021

14 Oktober 2021 - 15:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyampaikan keynote speech CMSE 2021. Foto: Humas BEI

Bulog Sultra Jamin Ketersediaan Beras Hingga Akhir Tahun, Stok di Gudang 9 Ribu Ton

14 Oktober 2021 - 11:31

Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Kembali Buka Layanan Uang Rupiah, Berikut Jadwalnya

13 Oktober 2021 - 18:51

Ridwan BAE Tinjau Bendungan Ladongi, Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi

21 September 2021 - 10:12

Nasabah Bank Sultra Segera Nikmati Layanan Mobile Banking

15 September 2021 - 14:33

Trending di Bisnis
error: Share to copy paste !!