NewsPeristiwaSerba-serbi

Warning! Tiga Daerah di Sultra Masuk Zona Merah Kekeringan

×

Warning! Tiga Daerah di Sultra Masuk Zona Merah Kekeringan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi daerah terdampak kemarau. Sumber Foto: Google.

Kendari, Portal.id — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkapkan, terdapat tiga daerah yang masuk dalam zona merah kekeringan akibat kemarau.

Kepala BPBD Sultra, Muhammad Yusup menuturkan, ketiga daerah itu adalah Buton, Buton Tengah (Lakudo), dan Bombana (Kabaena). Data tersebut diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Tiga daerah yang zona merah itu dikarenakan sudah terjadi kekurangan permukaan air tanah, sehingga dikhawatirkan terjadi kekeringan,” tutur Yusup, Rabu (4/10/2023).

Dikhawatirkan di ketiga daerah yang masuk zona merah itu akan terjadi kebakaran hutan. Yusup mengimbau, agar masyarakat tidak secara membabi buta melakukan pembakaran. 

“Kepada pemerintah yang ada di daerah zona merah kami himbau untuk mengeluarkan status darurat kekeringan, dan melakukan upaya langkah-langkah antisipatif,” ujarnya.

Selain zona merah, BPBD juga mencatat ada empat daerah yang berstatus waspada, yakni Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur.


Laporan: Ferito Julyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.