Hukum & KriminalNews

9 Orang Saksi Diperiksa Terkait Penembakan Nelayan di Cempedak Konsel, 4 Anggota Polairud

×

9 Orang Saksi Diperiksa Terkait Penembakan Nelayan di Cempedak Konsel, 4 Anggota Polairud

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id — Sebanyak 9 orang saksi telah diperiksa oleh Bid Propam Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), terkait insiden penembakan 4 nelayan di perairan Desa Cempedak, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Dari total  saksi yang diperiksa, 4 diantaranya adalah anggota Ditpolairud, 3 orang dari masyarakat, dan 2 lainnya adalah para terduga pelaku.

Kabid Propam, Kombes Pol Moch Sholeh menuturkan, pihaknya masih mendalami kasus penembakan ini. Pemeriksaan sejumlah pihak juga masih akan terus dilanjutkan,

Sholeh membeberkan, kemungkinan akan ada penambahan saksi yang diperiksa untuk menguatkan penegakkan hukum terhadap personel yang melakukan pelanggaran dalam kasus ini.

“Kemungkinan juga dari sembilan saksi yang kita periksa masih bertambah untuk menguatkan fungsi kami dalam penegakan hukum terhadap personel yang melakukan pelanggaran baik disiplin maupun kode etik,” beber Sholeh dalam konferensi persnya yang didampingi Kabid Humas dan Direktur Polairud, Senin (27/11/2023).

Selain itu, Bid Propam juga telah menahan 2 anggota Polairud yang diduga sebagai pelaku utama untuk proses pemeriksaan. Mereka adalah Bripka A dan Bripka R.

“Bagi kami ini kasus yang menonjol, dan sebagai informasi awal, sudah kita amankan dalam rangka riksa Paminal yakni Bripka A, dan setelah pemeriksaan lanjutan, hari ini kita lakukan penahanan Patsus terhadap Bripka R,” jelasnya.

Polisi berpangkat tiga bunga melati emas itu menegaskan, Bid Propam Polda Sultra berkomitmen menuntaskan kasus ini dengan cepat dan transparan.

“Kita akan mengecek semua, mulai dari yang terkecil, surat perintah, SOP, kemudian apa apa yang sudah dilakukan itu akan saya periksa semua secara detail, jadi tidak ada yang saya tutup-tutupi. Percayalah bahwa saya berkomitmen menyelesaikan kasus ini secara terbuka, profesional,” pungkasnya.


Laporan: Ferito Julyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.