Politik & PemerintahanSulawesi Tenggara

Begini Penjelasan Sudirman Perihal Sumber Anggaran Program Rp100 Juta Setiap RT di Kendari

×

Begini Penjelasan Sudirman Perihal Sumber Anggaran Program Rp100 Juta Setiap RT di Kendari

Sebarkan artikel ini
Calon Wakil Wali Kota Kendari, Sudirman
Calon Wakil Wali Kota Kendari, Sudirman. Foto : Portal.id

KENDARI, Portal.id – Pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran – Sudirman telah mengungkapkan salah satu program strategisnya, yakni Rp100 juta untuk setiap RT.

Sudirman kepada Portal.id, Senin (22/7/2024) menuturkan, program APBD untuk Rakyat itu diperuntukan agar setiap RT yang ada di Kota Kendari dapat secara mandiri merumuskan dan mewujudkan pembangunan yang ingin dilakukan di lingkungannya.

“Anggaran Rp100 juta ini per tahun. Uang itu bukan untuk kantung pribadi ketua RT, tapi untuk kebutuhan warga di setiap RT,” ujar Sudirman.

Perumusan program ini tentu menimbulkan pertanyaan, dari mana sumber anggarannya? Sudirman mengungkapkan, anggaran program yang pihaknya usung bersumber dari pendapatan daerah.

“Ambil contoh, pendapatan Kota Kendari tahun kemarin (2023) itu Rp1,4 triliun. Jumlah RT di Kendari kan kurang lebih ada seribu. Seribu dikali Rp100 juta hanya Rp100 miliar, jadi masih sangat cukup membiayai Rp100 juta per RT,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Sudirman, jika ditambah dengan gaji serta tunjangan pegawai di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari totalnya tidak sampai Rp700 miliiar.

“Jadi masih sangat mencukupi untuk membayar biaya-biaya pembangunan yang lain, selain pembangunan infrastruktur dalam lingkungan. Target kami kan pembangunan infrastruktur yang merata dan berkeadilan. Dari program ini kami ingin pembangunan merata di Kota Kendari di semua RT yang ada di 65 kelurahan,” tegasnya.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id