Sulawesi Tenggara

BIK 2024 Resmi Dibuka, Bank Sultra Dorong Target Inklusi Keuangan 90%

×

BIK 2024 Resmi Dibuka, Bank Sultra Dorong Target Inklusi Keuangan 90%

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2024 Sulawesi Tenggara
Pembukaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2024 Sulawesi Tenggara (Sultra) di Mall The Park Kendari, Jumat 4 Oktober 2024. Foto : Ist

Portal.id, Kendari – Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2024 di Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dibuka di Mall The Park Kendari, Jumat 4 Oktober 2024.

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., mewakili Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, serta sejumlah pejabat penting lainnya, termasuk Pj. Bupati Bombana, Pj. Bupati Konawe, perwakilan Pj. Walikota Kendari, perwakilan Bupati Wakatobi, Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sultra, seluruh Pimpinan Industri Jasa Keuangan se-Kota Kendari serta masyarakat kota kendari.

Dalam laporannya, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sultra sekaligus Ketua Panitia Pelaksana BIK 2024, menyoroti pentingnya kolaborasi untuk mencapai target inklusi keuangan sebesar 90%.

“Indeks literasi dan inklusi keuangan kita memang meningkat, tapi target 90% masih menanti. Mari jadikan Bulan Inklusi Keuangan ini momentum untuk berkolaborasi dan mengakselerasi inklusi keuangan di Sulawesi Tenggara,” ujar Abdul Latif.

Berbagai program unggulan dihadirkan dalam BIK 2024, antara lain:

  • Penjualan produk/layanan jasa keuangan berinsentif
  • Fasilitas pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro
  • Kegiatan akuisisi dan edukasi terpadu
  • Pameran Industri Jasa Keuangan
  • Kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen
  • Berbagai kegiatan lomba edukatif yang melibatkan industri jasa keuangan, masyarakat umum, pelajar, dan anak-anak.

Bank Sultra turut berpartisipasi dalam Pameran Industri Jasa Keuangan dengan membuka dua booth yang menyediakan layanan ATM, pembukaan rekening, dan aktivasi Bank Sultra Mobile.

Bank Sultra juga mempromosikan Program “TABUR BERHADIAH” yang memberikan free gift dan direct gift (tanpa proses undian) kepada nasabah yang melakukan penyetoran dana fresh ke rekening Tabungan Bank Sultra.

Program ini berlaku untuk nasabah baru maupun nasabah existing dan berlangsung hingga 31 Desember 2024.

Abdul Latif berharap penyelenggaraan BIK 2024 mampu menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat dan tindak lanjut yang konkret dari seluruh stakeholder dalam rangka mencapai target inklusi keuangan yang telah ditetapkan.

BIK 2024 di Mall The Park Kendari akan berlangsung hingga Minggu, 6 Oktober 2024. Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id