Ekonomi & BisnisMetro KendariPolitik & Pemerintahan

BI Sultra Beri Penghargaan Pemkot Kendari Sebagai Mitra Terbaik Pembangunan Ekonomi 2023

×

BI Sultra Beri Penghargaan Pemkot Kendari Sebagai Mitra Terbaik Pembangunan Ekonomi 2023

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sebagai dedikasi mitra terbaik dalam pembangunan ekonomi di Bumi Anoa tahun 2023.

Penghargaan diserahkan oleh Deputi Kepala KPw BI Sultra Aryo Wibowo T. Prasetyo kepada Asisten III Sekretariat Daerah Kota Kendari Makmur, saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) tahun 2023 di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu malam (29/11/2023).

PTBI 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia dengan mengikuti kegiatan yang dipandu Bank Indonesia secara virtual yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, PTBI adalah puncak high level event (HLE) Bank Indonesia yang telah diselenggarakan secara rutin sejak tahun 1969. Agenda utama PTBI adalah penyampaian pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi, dan arah kebijakan ke depan serta penyampaian arahan Presiden Republik Indonesia mengenai kebijakan Pemerintah ke depan.

“Sepanjang tahun 2023 kinerja dan prospek ekonomi perekonomian nasional tetap solid, meskipun di tengah ketidakpastian global. Stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia tetap terjaga dan pemulihan ekonomi terus berlanjut, dengan inflasi yang terkendali hingga akhir tahun,” ujarnya.

Selain itu juga, ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi juga tetap baik ditopang oleh kuatnya permintaan domestik dan eratnya sinergi kebijakan ekonomi nasional yang konsisten dan terukur.

Meskipun demikian, tantangan global seperti fragmentasi geopolitik, ketidakpastian pasar keuangan akibat pengaruh respons kebijakan bank sentral negara maju seiring masih tingginya inflasi yang dihadapi, ancaman perubahan iklim, dan berbagai tantangan lainnya perlu dihadapi ke depan.

Oleh karena itu, penting untuk terus mempererat sinergi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pandangan dan arahan dari agenda PTBI 2023 diarahkan untuk menjadi acuan strategis bagi pemangku kepentingan, khususnya pelaku industri, investor dan kalangan dunia usaha dalam mengambil keputusan, serta mendorong optimisme pemulihan ekonomi menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.