Ekonomi & BisnisNews

BPS Sebut Inflasi Sultra Turun Jadi 2,87 Persen

×

BPS Sebut Inflasi Sultra Turun Jadi 2,87 Persen

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi.

Kendari, Portal.id — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan bahwa, inflasi tahunan di Sultra mengalami penurunan pada November 2023.

Melalui keterangan resminya, BPS mencatat bahwa inflasi Sultra pada November 2023 mengalami penurunan menjadi 2,87 persen.

Diketahui sebelumnya, pada Oktober 2023 lalu, tercatat inflasi Sultra sebesar 3,14 persen. Hal ini kemudian menjadi konsen pemerintah daerah untuk menekan angka inflasi yang cukup tinggi itu.

Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti melalui keterangan tertulisnya menyampaikan inflasi 2,87 persen itu diikuti dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 118,28.

“Inflasi mtm sebesar 0,08 persen, dan tingkat inflasi ytd sebesar 2,10 persen,” tutur Agnes, Sabtu (2/12/2023).

Ungkapnya, komoditas seperti beras, angkutan udara, rokok kretek filter, mobil, cabai rawit, akademi, dan emas perhiasan, berkontribusi pada inflasi year on year.

“Kemudian rokok putih, sekolah menengah atas, dan bahan bakar rumah juga berkontribusi,” pungkasnya.


Laporan: Ferito Juyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.