NewsPolitik & Pemerintahan

Calon Bupati Mubar, La Ode Darwin Launching Program Petani Keren

×

Calon Bupati Mubar, La Ode Darwin Launching Program Petani Keren

Sebarkan artikel ini
Bakal Calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin meluncurkan program Petani Keren, di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa. Foto: Istimewa.

Muna Barat, Portal.id — Mengembangkan sektor pertanian Kabupaten Muna Barat (Barat) bukan bualan belaka Calon Bupati (Cabub), La Ode Darwin. Cabub usungan Partai Golkar itu menunjukan keseriusannya dalam memajukan sumber daya alam (SDA).

Bertempat di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Darwin melaunching program Petani Keren, Selasa (12/12/2023).

Darwin menuturkan, program Petani Keren berfokus pada strategi pengembangan pertanian. Mulai dari penggunaan teknologi pertanian modern, pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul gratis, 

serta pemasaran produk pertanian masyarakat.

“Pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul secara gratis ini sudah berjalan sejak awal tahun 2023,” tuturnya.

Jelasnya, Petani Keren dapat menjawab semua persoalan yang dihadapi para petani Mubar selama ini. Identifikasi permasalahan sektor pertanian telah dirinya lakukan, sehingga program ini dimantapkan untuk diluncurkan.

“Kita sudah identifikasi semua masalah yang dialami petani di Muna Barat selama ini. Diantaranya, tidak adanya pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul dan masyarakat mengeluhkan pemasaran hasil pertanian. Maka ke depan, jika saya terpilih sebagai Bupati Muna Barat, maka saya pastikan pupuk dan bibit unggul kita akan berikan secara gratis untuk petani. Kemudian, kita kan memberikan bantun alat pertanian modern, serta kita juga akan membatun pemasarannya,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain Petani Keren, Darwin juga telah meluncurkan dua program lainnya yakni Mubar Tumbuh, dan Mubar Sehat.

Program Mubar Tumbu fokus pada pendidikan dan ekonomi rumah tangga. Sedangkan Mubar Sehat, seperti namanya akan berfokus pada pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta zumba dan senam jantung sehat. 

“Ketiga program yang sudah kita luncurkan ini, sudah kita jalankan. Artinya, saya ingin menumbuhkan gaya politik baru, yaitu dengan membangun politik nilai,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang petani bernama Wa Ode Muliana mengaku, selama ini petani kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Selama ini, beber Muliana, para petani kesulitan memperoleh pupuk dan bibit. Kemudian, para petani juga kebingungan saat akan melakukan penjualan hasil pertanian. 

“Harapan kami, jika bapak La Ode Darwin menjadi Bupati Muna Barat, agar memperhatikan nasib para petani. Kami meminta agar pupuk dan bibit unggul digratiskan dan memberikan bantuan alat pertanian tepat sasaran,” harap Muliana.


Laporan: Ferito Julyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.