Konawe UtaraPolitik & PemerintahanSulawesi Tenggara

Deklarasi Maju Pilgub 2024, Ruksamin Bakal Wujudkan Sultra Pusat Energi Dunia

×

Deklarasi Maju Pilgub 2024, Ruksamin Bakal Wujudkan Sultra Pusat Energi Dunia

Sebarkan artikel ini

Kendari.portal.id – Bupati Konawe Utara (Konut), Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN Eng tengah mematangkan persiapan untuk bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024.

Melalui kegiatan Soft Launching Program Unggulan Sultra 2024, Ruksamin memaparkan sejumlah visi dan misi dalam mewujudkan pembangunan menuju Sultra Pusat Energi Dunia jika mengemban amanah sebagai Gubernur Sultra 2024-2029.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra ini menjelaskan, Pusat Energi Dunia merupakan visi yang menegaskan bahwa Sultra tidak hanya menjadi penghasil utama Energi Baru Terbarukan (EBT), melainkan juga akan tumbuh sebagai provinsi yang menjadi pusat keunggulan (center of excellence) di Indonesia.

“Seiring dengan berbagai keuntungan yang dimiliki sebagai daerah penghasil bahan baku energi masa depan, Sultra siap menyambut masa depan untuk mewujudkan masyarakat yang maju, madani dan berkeadilan,” kata Ruksamin saat melaunching Program Unggulan Sultra 2024, di salah satu Hotel di Kendari, Selasa (14/3/2023) malam.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Sultra mengatakan, visi Maju merupakan kondisi meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sultra yang ditandai dengan pendidikan yang semakin tinggi dan berkualitas, derajat kesehatan dan standar hidup yang semakin baik, produktifitas yang tinggi serta penguasaan IPTEK yang semakin meluas menuju masyarakat 5.0.

“Sedangkan Madani adalah kondisi masyarakat sejahtera berlandaskan nilai-nilai luhur agama dan adat istiadat yang dicirikan dengan peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat dan daerah, berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran, tumbuhnya sektor-sektor unggulan daerah, terwujudnya kehidupan sosial yang harmonis dan religius dalam tata kelola pemerintahan yang bersih, melayani dan akuntabel,” kata Ruksamin.

Sementara Berkeadilan adalah kondisi pemerataan pembangunan yang ditandai dengan pemenuhan infrastruktur dasar yang adil dan merata, terbukanya akses dan konektivitas antar wilayah dan antar pulau, semakin kecilnya kesenjangan antar wilayah dan kelompok, melalui skema pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Untuk mewujudkan Sultra Pusat Energi Dunia, Bupati Konut dua periode ini juga mempunyai 5 misi besar yang akan dilaksanakan, yaitu:

1. Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang unggul dan berdaya saing.

2. Tercapainya pembangunan ekonomi wilayah menuju kemandirian daerah dan masyarakat. Ditandai dengan peningkatan pendapatan masyarakat, diversifikasi ekonomi ke bidang industri hilir berbasis sumberdaya dan teknologi, meningkatnya kontribusi sektor-sektor unggulan diluar pertambangan, munculnya ekonomi kreatif, start up dan market place.

3. Percepatan pembangunan infrastruktur melalui peningkatan konektivitas wilayah dan pusat-pusat pertumbuhan yang handal dan berkelanjutan.

4. Mewujudkan masyarakat yang religius dan berbudaya serta relasi yang harmonis antara tiga pilar pembangunan (masyarakat, negara dan swasta).

5. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan inovatif.

Laporan AT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.