Peristiwa

Mahasiswa Papua di Kendari Suarakan Tolak Rasisme

×

Mahasiswa Papua di Kendari Suarakan Tolak Rasisme

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Papua saat menggelar demonstrasi di Kendari. (Foto: Portal.id)

Portal.id Kendari – Puluhan mahasiswa Papua menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan jalan menuju Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada Senin (2/8/2021).

Sambil menampilkan teatrikal dan membawa spanduk serta kertas bertuliskan sejumlah seruan, perwakilan mahasiswa Papua bergantian melakukan orasi yang memuat lima tuntutan dalam pernyataan sikapnya.

Pertama, mereka meminta agar negara kembali kepada nilai-nilai luhur yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945 terkhusus dalam memperlakukan Papua.

Kedua, agar negara mengedepankan semangat musyawarah untuk menyelesaikan masalah di Papua dibanding melakukan tindakan militeristik yang dinilai justru berdampak buruk bagi Papua.

“Agar semua pihak yang terlibat pelanggaran HAM di Papua segera diadili,” bunyi poin ketiga dalam tuntutan para mahasiswa Papua.

Keempat, mereka meminta dihentikan perlakuan rasial dan diskriminatif terhadap orang Papua. Kemudian kelima agar pihak-pihak dari negara tidak terus melakukan pola pembungkaman terhadap mahasiswa Papua.

Setelah berorasi di pertigaan jalan menuju Universitas Halu Oleo Kendari, mahasiswa Papua lalu berjalan kaki menuju Kantor DPRD Sulawesi Tenggara untuk menyuarakan tuntutannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.