Fokus RedaksiPolitik & Pemerintahan

Masyarakat Buton Suarakan Pembentukan Provinsi Kepton di DPRD Sultra

×

Masyarakat Buton Suarakan Pembentukan Provinsi Kepton di DPRD Sultra

Sebarkan artikel ini
Aksi Perwakilan Masyarakat Buton Suarakan Pembentukan Provinsi Kepton di DPRD Sultra (Foto: Wahyu Geram Kepton)

Portal.id Kendari – Perwakilan masyarakat Buton yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Kepulauan Buton (Geram Kepton) melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa (8/6/2021).

Mereka menyuarakan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) yang sebelumnya dijanjikan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

“Kami berharap Gubernur Sultra segera menunaikan janjinya memekarkan Kepulauan Buton,” kata perwakilan massa aksi dalam orasinya.

Menurut massa aksi, pemekaran Provinsi Kepton merupakan harapan masyarakat Buton sejak lama dan telah dijanjikan oleh Gubernur Sultra.

“Masyarakat Pulau Buton akan terus mengingatkan Gubernur Sultra terkait persoalan ini,” katanya.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh berjanji akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk memperjelas apa yang menjadi persoalan serta hambatan dari percepatan pemekaran Provinsi Kepton.

“Kita akan adakan RDP bersama dengan teman-teman semua. Kita undang dengan sultan Buton, karena saya dengar besok dia akan datang ke sini. Tujuannya bukan untuk mencari permasalahan, tapi untuk menentukan solusi,” kata Abdurrahman Shaleh saat menerima Geram Kepton di Kantor DPRD Sulawesi Tenggara.

Ia mengatakan, mesti ada komitmen satu kata semua pihak yang menginginkan terbentuknya Provinsi Kepton untuk mengawal pemekarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.