Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan & Gaya Hidup · 2 Jul 2021 ·

Masih Terpapar Covid-19 Setelah Divaksin, Begini Penjelasannya

 					Ilustrasi. Perbesar

Ilustrasi.

Portal.id – Beberapa orang dilaporkan tetap terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi. Hal ini dalam ilmu kesehatan disebut sebagai breakthrough infection dan tentu menimbulkan pertanyaan bagi kalangan awam.

Pakar vaksin dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Kate O’Brien menjelaskan, pada dasarnya vaksin bekerja dengan cara mengenalkan sebagian dari virus untuk dikenali imun tubuh. Harapannya dengan begitu imun tubuh kemudian dapat dengan cepat mengidentifikasi dan melawan bila virus yang asli datang.

Hanya saja yang perlu diketahui ternyata tidak ada vaksin yang bisa bekerja 100 persen efektif terhadap 100 persen penerimanya. Sebabnya karena respons imun setiap orang berbeda terhadap vaksin.

“Mengapa ada orang tertentu yang masih bisa terinfeksi usai divaksinasi sementara lainnya tidak? Ada banyak kemungkinannya,” kata Kate seperti dikutip dari detikhealth pada Jumat (2/7/2021).

“Sebagian alasannya berkaitan dengan seberapa besar paparan seseorang terhadap patogen. Kadang mungkin Anda sudah terpapar, tapi hanya dosis kecil dari patogen itu,” lanjutnya.

Dalam proses sistem imun mengenali kuman penyebab penyakit, bisa saja tubuh seseorang membutuhkan paparan dosis yang lebih banyak dan konstan.

Kate mengatakan meski akhirnya vaksin tidak bisa melindungi 100 persen, orang yang sudah mendapat vaksinasi bisa tetap mendapat manfaat mengurangi kemungkinan tingkat keparahan penyakit. Artinya ia bisa terinfeksi, tetapi gejalanya ringan.

“Jadi tetap ada manfaat dari vaksin, tidak hanya untuk melindungi sepenuhnya dari infeksi,” pungkas Kate.(p-03)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bantu Penuhi Stok di UTD PMI Sultra, Donor Darah HUT Pasar Modal Target 350 Kantong Darah

15 September 2021 - 11:47

Pemkab Koltim Fokus Tangani Stunting

3 September 2021 - 16:09

Imbas Dugaan Kebocoran Data, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Hapus Aplikasi E-HAC Versi Lama

1 September 2021 - 14:07

Pemkab Konawe Selatan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

16 Agustus 2021 - 14:06

Edukasi Warga Andounuhu Soal Obat, Mahasiswa Farmasi UHO Ajarkan Trik ‘DAGUSIBU’

14 Agustus 2021 - 12:43

6 Pola Makan Peningkat Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021 - 08:03

Trending di Kesehatan & Gaya Hidup