#HeadlineWisata & Kuliner

Pesona Keindahan Pulau Labengki Konut, Teluk Cinta Hingga Miniatur Raja Ampat

×

Pesona Keindahan Pulau Labengki Konut, Teluk Cinta Hingga Miniatur Raja Ampat

Sebarkan artikel ini
Liburan di Labengki
Keindahan destinasi wisata Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Portal.id

Wisata, Portal.id — Kabupaten Konawe Utara (Konut) merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki destinasi wisata terbaik. Dimana terdapat Pulau Labengki yang memiliki pesona keindahan yang layak dikunjungi oleh para pelancong.

Beragam spot indah dan menarik ditawarkan. Mulai dari teluk cinta, dan tobelo, pantai pasir panjang, miniatur raja ampat dan banyak lagi yang lainnya.

Bagi wisatawan luar yang ingin ke Labengki, bisa memulai perjalanan dari Kota Kendari menuju pelabuhan penyeberangan Tanasa yang ada di Kabupaten Konawe, dengan menempuh waktu sekitar 30 menit.

Wisatawan nantinya akan menumpangi speed boat atau kapal kayu menuju homestay di Pulau Labengki Kecil, dengan waktu tempuh 2—3 jam.

1. Pulau Labengki Kecil

Pulau Labengki kecil merupakan pemukiman warga. Dari pulau ini wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pantai, serta kenyamanan homestay.

Pulau Labengki Kecil sendiri didiami oleh masyarakat suku bajo, yang berprofesi sebagai nelayan. Labengki kecil memiliki keindahan bibir pantai dengan karang yang tumbuh subur dan terjaga.

2. Blue Lagoon 

Spot ini merupakan laguna yang dipisahkan dengan batu cada yang runcing, dihiasi tumbuhan anggrek khas labengki tumbuh di sekitarnya.

Spot Blue Lagoon Pulau Labengki.

Memiliki air dingin di permukaannya yang berasal dari mata air jernih, yang mengalir melewati gugusan bebatuan.

3. Teluk Cinta dan Miniatur Raja ampat

Miniatur Raja Ampat Pulau Labengki.

Pulau Labengki juga dikenal sebagai Raja Ampat kecil. Terdapat pulau-pulau kecil serta gugusan karang yang menjulang di tengah lautan biru menyerupai Raja Ampat di Papua Barat.

Labengki juga memiliki teluk menyerupai bentuk hati dengan gradasi warna laut yang indah dan bersih.

4. Mercusuar Labengki

Berada di bagian timur Pulau Labengki Kecil dengan hamparan pantai yang indah, di bawah Mercusuar pada sisi kiri dan kanannya seringkali digunakan sebagai lokasi menikmati sunrise yg indah di pagi hari.

5. Twin Lagoon atau Poros Kampali

Memiliki dua Laguna dengan warna yang berbeda, spot ini menjadi lokasi foto yang digemari wisatawan karena memiliki panorama yang indah. Berada di atas bebatuan cadas yang menjulang tinggi, menjadikan tantangan bagi para wisatawan.

6. Danau Tobelo 

Laguna yang berada di utara Pulau labengki Besar ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 20 menit dari Labengki Kecil. Melewati gua-gua yang kecil menjadi salah satu bentuk keindahan tersendiri.

7. Pantai Pasir Panjang

Spot pasir panjang vertikal dan bersih dengan keindahan pantai yang jernih, ditambah pantulan cahaya matahari di dasar pantai membuat gradasi warna yang cantik. Dalam pantai sendiri, terumbu karang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

8. Pantai Pasir Merah

Memiliki dua pohon kelapa yang instagramable dan menarik. Kedua pohon itu menjulang panjang ke depan hingga bibir pantai, dengan hamparan pasir pantai berwarna merah dan landscape gunung menjulang tinggi membuat pantai ini semakin indah.

9. Kima Spot Snorkeling

Kima merupakan spesies kerang terbesar di dunia, dan Labengki merupakan konservasi akan spesies itu. Karang ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas snorkeling menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Labengki.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata Pulau Labengki dapat membuka laman resmi Jelalah Sultra, atau via melalui instagram @jelajahsultra. Terdapat berbagai pilihan paket wisata yang ada.


Laporan: Ferito Julyadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.