BombanaSulawesi Tenggara

Selektif di Penerimaan Panwascam, Bawaslu Optimis Bombana dalam Pemilu Kondusif dan Bebas dari Praktik Uang

×

Selektif di Penerimaan Panwascam, Bawaslu Optimis Bombana dalam Pemilu Kondusif dan Bebas dari Praktik Uang

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Bombana, Irpan S.H., M.Kn
Ketua Bawaslu Bombana, Irpan S.H., M.Kn. Foto : Ist

BOMBANA, Portal.id – Dalam proses pemilihan di berbagai level, selalu berakhir adanya pihak yang menang dan yang kalah. Berbagai langkah pun ditempuh untuk dapat memenangkan kompetisi. Salahnya sebagian pihak menganggap semua cara Halal dalam memperjuangkan kemenangannya. Tak jarang kita temui adanya Politik uang pada proses pemilihan.

Politik uang dimata sebagian orang dianggap sesuatu yang relatif sehingga menjadi PR penting para penyelenggara. Olehnya para penyelenggara diharapkan dapat menjunjung tinggi integritas.

Di Kabupaten Bombana Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bombana telah resmi mengumumkan hasil tes tertulis bagi calon anggota panitia pengawas pemilihan Kecamatan (Panwascam)

Pengumuman ini menandai tahap selanjutnya dalam proses seleksi yang ketat dan transparan untuk menentukan individu-individu yang akan mengawasi jalannya pemilihan di 17 Kecamatan di Kabupaten Bombana.Jumat, (17/05/2024)

Ketua Bawaslu Kabupaten Bombana, Irpan menegaskan proses seleksi Panwascam dilakukan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Peraturan Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Republik Indonesia,  Nomor 19 Tahun 2017 dan amandemen terakhirnya, Peraturan Nomor 4 Tahun 2022.

“Seharusnya 22 Kecamatan sesuai dengan jumlah kecamatan yang ada di Bombana, setelah kami mengadakan tes penilaian evaluasi kinerja bagi peserta panwascam yang sudah ada (existing) terhadap pengawas panitia Kecamatan, terdapat 5 kecamatan yang memenuhi syarat, jadi kami hanya menyeleksi di 17 Kecamatan yang tersisa,” kata Irpan.

Para kandidat yang dinyatakan berhasil melewati seleksi tes tertulis itu, selanjutnya bakal mengikuti tes wawancara yang dijadwalkan pada hari ini 18 hingga 20 Mei 2024 mendatang, Kata Irpan wawancara ini akan menjadi seleksi akhir atau penentu para peserta.

Ia berharap masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan mengenai calon-calon anggota Panwascam. Masyarakat diharapkan untuk menyampaikan pendapat mereka kepada Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan, yang dapat diakses di sekretariat Bawaslu Kabupaten Bombana.

“Sebagai pengawas pemilihan umum di Kabupaten Bombana, Bawaslu memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa setiap tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan pengawasan yang ketat dan proses seleksi yang transparan, Bawaslu Bombana berupaya untuk menciptakan lingkungan pemilihan yang kondusif, bebas dari praktik korupsi dan manipulasi,” imbuhnya.

Laporan Aldi Dermawan 

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.