Bisnis

Sultra Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Produksi Rumput Laut

×

Sultra Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Produksi Rumput Laut

Sebarkan artikel ini
Tepung Rumput laut di Bombana

Kendari, Portal.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) terus mendorong para petani untuk meningkatkan kualitas dan daya saing komoitas rumput laut agar bisa menghadapi tantangan yang berkembang ke depan.
“Karena harga rumput laut sangat dipengaruhi dengan kualitasnya,” kata Kepala DKP Sultra, Kardini, di Kendari, Minggu.
Dikatakan, dengan kualitas yang bagus sesuai dengan tingkat kadar air terendah yang disyaratkan dari pengusaha, maka harganya bisa melonjak dan akan memberikan peningkatan kesejahteraan kepada petani tumput laut.
“Di samping fokus mempertahankan produksi rumput laut, kami juga konsisten untuk menjaga mutu rumput laut karena dengan kualitas yang bagus maka harganya akan lebih tinggi,” ujarnya.
Menurut Kardini, dalam upaya meningkatkan kualitas rumput laut, dilakukan beberapa hal di antaranya dengan pengembangan kawasan budidaya rumput laut berbasis klaster.
“Wilayah perairan di Sultra memiliki banyak titik pengembangan dan produksi rumput laut, bahkan mencapai ribuan titik wilayah pesisir mulai dari Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan, Bombana, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna, Muna Barat, dan Wakatobi,” katanya.
Kardini juga menyebutkan, pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat yang memiliki usaha sektor kelautan dan perikanan untuk membuat budidaya, utamanya budidaya lobster dan kepiting.
“Tidak hanya hasil laut, DKP juga fokus pada pemanfataan hasil air payau dan air tawar, seperti udang pename dan pande,” katanya.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.