Sulawesi Tenggara

Blusukan ke Pelelangan Ikan Kendari, ASR Janjikan Pembenahan Pasar dan Peningkatan Hasil Laut Sultra

×

Blusukan ke Pelelangan Ikan Kendari, ASR Janjikan Pembenahan Pasar dan Peningkatan Hasil Laut Sultra

Sebarkan artikel ini
Calon Gubernur Sultra, Andi Sumangerukka
Calon Gubernur Sultra, Andi Sumangerukka saat melakukan blusukan di Pasar Pelelangan Ikan Kota Kendari. Foto : Ist

Portal.id, Kendari — Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor urut 2, Andi Sumangerukka melakukan blusukan ke Pasar Pelelangan Ikan, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Jumat (4/10/2024).

Dalam blusukannya, pria yang akrab disapa dengan akronim ASR itu mendapat sambutan antusias dari masyarakat dan para pedagang.

Melihat langsung kondisi pasar sentral ikan itu, Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sultra menjanjikan bakal melakukan perbaikan fasilitas umum, untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat yang datang berbelanja.

“Pertama kondisi pasar ini harus kita perbaiki ke depan. Karena ini fasilitas umum, dan ini diharapkan oleh masyarakat terutama lingkungannya. Kedua tempat ini sebagai pusat perbelanjaan juga,” ucap ASR.

Jelasnya, salah satu fasilitas yang akan dibenahi adalah tempat penjualan ikan. Menurutnya, dengan kondisi tempat serta lapak yang lebih memadai akan memberi kenyamanan bagi para pembeli, dan pedagang itu sendiri.

“Fasilitas ini harus kita perbaiki ke depan. Terutama yang kita benahi adalah tempat penjualan ikan, kedepannya harus diperbaiki semua fasilitasnya,” jelasnya.

Kemudian, untuk peningkatan kualitas ikan, ASR berencana menyiapkan kastorit atau gudang penyimpanan ikan. Gudang penyimpanan ini menjadi penting, tegasnya, mengingat wilayah Sultra didominasi oleh laut, dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa lebih.

“Masyarakat kita jumlah penduduknya dua juta sekian. Terus 70 persen wilayah kita terdiri dari lautan, berarti banyak sekali ikan kita. Nah bagaimana caranya agar ke depan ikan ini bisa ditampung, kalau tidak ada penampungan maka akan busuk. Kala busuk maka kualitasnya tidak akan bagus dan harganya turun. Jadi harus ada penampungan lewat konstoring agar ikannya terjaga,” tandasnya.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id