#AdvetorialKonawe UtaraSulawesi Tenggara

Dari Konut untuk Indonesia, Semangat Pancasila Terus Berkobar

×

Dari Konut untuk Indonesia, Semangat Pancasila Terus Berkobar

Sebarkan artikel ini
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila
Foto Bersama usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto : Ist

KONAWE UTARA, Portal.id – Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 dilaksanakan dengan khidmat di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Konut, Ruksamin, ini berlangsung di pelataran Kantor Bupati Konut dan dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat, mulai dari pemerintah, DPRD, TNI, Polri, hingga pelajar.

Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung makna mendalam tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi pemersatu bangsa dalam mencapai cita-cita Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera pada tahun 2045.

Pancasila: Bintang Pemandu Kehidupan Bangsa

Bupati Ruksamin dalam arahannya menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai luhurnya merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

Pancasila menjadi bintang pemandu yang menerangi jalan kehidupan bangsa agar senantiasa sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang terkandung dalam Pancasila menjadi fondasi kokoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang majemuk.

Bhinneka Tunggal Ika: Keberagaman dalam Identitas Nasional

Bupati Ruksamin juga menekankan pentingnya keberagaman sebagai sebuah berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Keberagaman suku, budaya, agama, dan bahasa bukanlah penghalang, melainkan kekuatan yang memperkaya bangsa Indonesia. Pancasila mengajarkan kita untuk menghargai perbedaan dan hidup berdampingan secara harmonis.

Membumikan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam momentum bersejarah ini, Bupati Ruksamin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila bukan hanya sekadar hafalan, melainkan harus diimplementasikan dalam tindakan nyata.

Pancasila: Meja Statis Pemersatu Bangsa

Sejarah telah membuktikan bahwa Pancasila adalah meja statis yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian.

Pancasila telah menjadi landasan ideologi yang kokoh, sehingga Indonesia tetap berdiri tegak sebagai bangsa yang besar dan tangguh.

Komitmen Bersama Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

Dengan semangat persatuan dan kesatuan yang dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila, kita yakin bahwa Indonesia akan mampu mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Upacara Berjalan Khidmat dan Penuh Makna

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Konawe Utara berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Seluruh peserta upacara mengikuti rangkaian acara dengan tertib dan khusyuk.

Pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, dan mengheningkan cipta menjadi momen yang menyentuh hati dan mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Harapan untuk Masa Depan Indonesia

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini memberikan harapan baru bagi masa depan Indonesia. Dengan semangat gotong royong dan persatuan yang kuat, kita optimis bahwa Indonesia akan mampu mengatasi segala tantangan dan meraih kesuksesan di berbagai bidang.

Pancasila akan terus menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita luhur menuju Indonesia Emas 2045.

Berikut gambaran momen Peringatan Hari Lahir Pancasila di Konut:

Tim liputan kami akan terus mengikuti perkembangan pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila di berbagai daerah di Sulawesi Tenggara. Simak liputan lengkapnya di portal.id (*)

Laporan Rijal

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.