Pendidikan & BudayaSosok

Ketua PKK Kendari Didaulat Jadi Juri Pemilihan Duta Bahasa Sultra

×

Ketua PKK Kendari Didaulat Jadi Juri Pemilihan Duta Bahasa Sultra

Sebarkan artikel ini
Ajang pemilihan duta bahasa sultra 2021

Kendari, Portal.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd sebagai salah satu juri pada malam Penobatan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, yang berlangsung di Hotel Claro Kendari, Kamis (1/4).

Sebelumnya, para finalis Duta Bahasa Sultra Tahun 2021 telah melewati tahap penilaian bakat, presentasi proposal krida, kebahasaan, dan kesastraan serta tahap wawancara yang meliputi pemahaman kebahasaan, kepribadian, pemahaman sastra dan budaya serta pemahaman bahasa asing dan daerah.

Tahapan itu yang dilewati tersebut sesuai dengan program Trigatra Bahasa yakni mengutamakan pemakaian bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Selain itu, untuk  mencari sosok yang mampu memberikan ide kreatifnya dalam hal kebahasaan dan sastra dengan memaksimalkan kemajuan teknologi.

Pada Seleksi ajang Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2021 ini telah Terpilih Juara 1 Duta Bahasa putri yang diraih oleh Annisa Dwiana Putri dan Riyan Rahmat Jaya meraih Juara 1 sebagai Duta Bahasa Putra.

Duta Bahasa yang merupakan representasi dari generasi muda dalam bidang kebahasaan dan kesastraan yang menjadi mitra kerja Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan balai/kantor bahasa dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia.

Sementara Pemilihan duta bahasa dilaksanakan pertama kali tahun 2006. Sejak saat itu, pemilihan duta bahasa secara rutin diadakan setiap tahun.

Seleksi di tingkat provinsi dilakukan oleh balai/kantor bahasa. Pemenang di tingkat provinsi akan diikutkan dalam Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.