Metro KendariPendidikan & Budaya

Puluhan Pelajar SMPN 8 Kendari Ikuti Sosialisasi Gerakan Stop Kekerasan Anak

×

Puluhan Pelajar SMPN 8 Kendari Ikuti Sosialisasi Gerakan Stop Kekerasan Anak

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari melakukan koordinasi dan sinkronisasi pencegahan kekerasan terhadap anak dan sosialisasi gerakan stop kekerasan terhadap anak atau Cyber Bullying.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, dan diikuti sebanyak 50 peserta siswa/siswi SMPN 8 Kendari, bertempat di SMPN 8 Kendari, Selasa (3/10/2023).

Dalam sambutannya, Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala meminta para siswa untuk mencegah terjadinya aksi bullying terhadap rekannya, karena akan berdampak buruk terhadap mereka.

Ia mengajak siswa yang melihat terjadi aksi bullying untuk bersama-sama teman lainnya untuk mencegahnya atau melaporkan aksi itu pada pihak sekolah.

“Kalau ada temannya yang kita anggap tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, jangan mi kasian kita ganggu itu teman ta,” ungkapnya saat membawakan materi.

Menurutnya, pemerintah punya tanggungjawab untuk mencegah terjadinya aksi bullying pada anak, sebab anak merupakan generasi penerus untuk melanjutkan estafet pembangunan.

Sementara itu, Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala DP3A Kota Kendari Fitri Sinapoy mengatakan, untuk mencegah cyber bullying di sekolah, mereka melibatkan sejumlah pihak untuk memberikan edukasi pada para siswa, diantaranya psikolog dan NGO.

“Semua lini bisa berkolaborasi bersama-sama untuk mencegah, karena tindakan pencegahan tidak bisa dilakukan oleh kami saja,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.