NasionalSulawesi TenggaraWisata & Kuliner

Sulawesi Tenggara Jadi Tuan Rumah Jambore Nasional Fotografer Indonesia 2023

×

Sulawesi Tenggara Jadi Tuan Rumah Jambore Nasional Fotografer Indonesia 2023

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah Jambore Nasional Fotografer Indonesia (JNFI) tahun 2023.

Kegiatan bergengsi bagi pecinta fotografi di seluruh penjuru Nusantara kali ini mengusung konsep seni dan budaya yang akan diselenggarakan pada 1 – 3 Desember 2023 di Pulau Bokori, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno direncanakan akan mengahdiri event ini.

Ketua Panitia JNFI 2023, Jojon mengatakan, diadakannya JNFI di Bumi Anoa diharapkan mampu menjadi ajang promosi seni dan budaya yang ada di Sultra sehingga menarik minat para wisatawan.

“Fotografi itu merupakan salah satu industri yang sangat diandalkan dalam bidang promosi wisata di Sulawesi Tenggara maupun dunia, tanpa foto itu setengah mati dalam menjual karena berdasarkan foto orang-orang dapat melihat dan itu bisa menimbulkan daya tarik tersendiri,” kata Jojon saat ditemui awak media, Rabu (29/11/2023). 

Ia menyebutkan, sebanyak 250 peserta dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Sultra akan meramaikan jambore tersebut.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan kuota untuk umum termasuk masyarakat lokal dan mahasisiwa untuk berpartisipasi dalam ajang bergengsi tersebut.

“Kami juga tidak lepas dalam mendorong peserta lokal serta mahasiswa pecinta seni fotografi dengan tujuan agar terciptanya industri kreatif,” jelasnya.

Jojon juga berharap, para peserta bisa mendapatkan ilmu setelah mengikuti event nasional ini.

“Kami mendorong peserta lokal dan mahasiswa karena ketika mengikuti Jambore ini otomatis mereka akan mendapatkan ilmu dan mereka juga dapat menjadikan kegiatan ini sebagai batu loncatan ketika selesai nanti yang kemudian bisa diaplikasikan juga di daerahnya masing-masing,” harapnya.

Selain JNFI 2023, Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara juga akan menggelar Karnaval Tenun bertemakan Sejarah pada 2 – 3 Desember 2023 yang diikuti 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Peserta Karnaval Tenun ini nantinya akan menjadi objek dari para peserta Jambore Nasional Fotografer Indonesia 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.