Sulawesi Tenggara

Pj Wali Kota Kendari Serahkan Dokumen Rancangan KUA PPAS Tahun 2025 kepada DPRD

×

Pj Wali Kota Kendari Serahkan Dokumen Rancangan KUA PPAS Tahun 2025 kepada DPRD

Sebarkan artikel ini
Penyerahan dokumen rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2025 Kota Kendari oleh Pj Wali Kota, Muhammad Yusup kepada Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan
Penyerahan dokumen rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2025 Kota Kendari oleh Pj Wali Kota, Muhammad Yusup kepada Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Foto : Ist.

KENDARI, Portal.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Pj Wali Kota, Muhammad Yusup menyerahkan dokumen rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2025 kepada DPRD Kota Kendari, Sabtu (13/7/2024).

Muhammad Yusup menuturkan, dalam KUA dan PPAS yang pihaknya serahkan berisikan strategis dan keberlanjutan proses pembangunan yang akan dilakukan tahun 2025 mendatang.

“Tahun 2025 akan menjadi tahun ketiga pelaksanaan rencana pembangunan daerah Kota Kendari, yang telah terencana sejak tahun 2023 dan akan berlanjut hingga tahun 2026,” ujar Yusup dalam keterangan resminya.

Jelasnya, penyampaian rancangan KUA dan PPAS Tahun 2025 didasarkan pada sinkronisasi dengan rencana kerja pemda, serta berkoordinasi dengan rencana kerja pemerintah provinsi (Pemprov).

Hak tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor 23 Tahun 2004, terkhusus pada Pasal 310 Ayat 1 yang menekankan agar kepala daerah menyusun KUA dan PPAS berdasarkan rencana kerja pemda, dan diajukan kepada DPRD untuk dibahas atau diulas.

Dalam KUA dan PPAS, Pemkot Kendari menyoroti tema pembangunan difokuskan pada penguatan daya saing ekonomi dan sosial melalui optimalisasi pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan, serta upaya penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup berbasis masyarakat.

“Tema ini sejalan dengan rencana kerja Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk tahun 2025, yang bertujuan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di daerah ini,” jelasnya.

Kepala BPBD Sultra itu menegaskan, sinkronisasi dengan tema di atas adalah bukti dukungan kuat dari Pemkot Kendari dalam memajukan pembangunan daerah secara menyeluruh.

“Pendekatan holistik, tematik, terintegrasi, dan spasial telah diterapkan untuk memastikan bahwa setiap program pembangunan memberikan dampak positif langsung bagi masyarakat,” tegasnya.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id