Sulawesi Tenggara

Survei Charta Politika: Elektabilitas ASR-Hugua Teratas di Pilkada Sultra 2024

×

Survei Charta Politika: Elektabilitas ASR-Hugua Teratas di Pilkada Sultra 2024

Sebarkan artikel ini
Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya
Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil survei elektabilitas empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra. Foto : Ist

Portal.id, Kendari – Elektabilitas Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Sumangerukka (ASR)-Hugua menempati posisi teratas, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Charta Politika.

Hal itu diungkapkan Charta Politika dalam press rilisnya, yang bertempat di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (2/9/2024).

Dari hasil survei yang dilakukan pada 13-20 September 2024 ini, didaptkan hasil bahwa elektabilitas ASR-Hugua di Pilkada Sultra 2024 sebesar 33,2 persen. Kemudian disusul pasangan Tina Nur Alam-LM Muhammad Ihsan Taufik Ridwan sebesar 27,1 persen.

Posisi ketiga ditempati pasangan Lukman Abunawas-La Ode Ida sebesar 21,9 persen. Terakhir, Ruksamin-Sjafei Kahar sebesar 12,0 persen.

“Pemilih yang belum bisa memilih pilihan yakni sebesar 5,8 persen,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.

Jelasnya, elektabilitas ASR-Hugua berada di posisi teratas karena tingkat keterkenalan dan kesukaan masyarakat di Sultra cukup tinggi yakni sebesar 80 persen.

“Dari tingkat tokoh dan paling disukai ASR juga cukup tinggi sesuai survei kita. Ini sangat berpengaruh pada elektabilitas,” jelasnya.

Tingginya elektabilitas ASR-Hugua juga dipengaruhi oleh sosok Prabowo Subianto, sebagai presiden terpilih. Seperti yang diketahui, di Pilkada Sultra tahun ini pasangan ASR-Hugua mendapat partai Gerindra.

“Dukungan terkuat buat calon kepala daerah yaitu Prabowo Subianto. ASR-Hugua juga dapat nomor 2 dan menggunakan pakaian biru-biru yang identik dengan prabowo. Efek suara itu akan terasa saat pelantikan Prabowo jadi Presiden,” ungkapnya.

Untuk diketahui, teknik wawancara yang digunakan dalam survei ini adalah secara tatap muka dengan, melibatkan 1.200 responden di 17 kabupaten/kota di Sultra.

Penarikan sampel dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan 2,83 persen. Kriteria responden minimal 17 tahun atau memenuhi syarat pemilih.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id