Nasional

Dugaan Keterlibatan Eks Bupati Bombana dalam Kasus Tipikor Proyek Gedung VIP RSUD Senilai Rp9,4 M

×

Dugaan Keterlibatan Eks Bupati Bombana dalam Kasus Tipikor Proyek Gedung VIP RSUD Senilai Rp9,4 M

Sebarkan artikel ini
Aksi demonstrasi Gerakan Ganyang Koruptor
Aksi demonstrasi Gerakan Ganyang Koruptor di depan Kantor Kejagung. Foto : Ist.

Portal.id, Jakarta — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Ganyang Koruptor (Gagak) melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan, Senin (7/10/2024).

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan (Korlap) Fathur Rizky menyampaikan sejumlah keterkaitan mantan Bupati Bombana Tafdil dalam berbagai kasus yang ada di Kabupaten Bombana.

“Dalam catatan kami, banyak sekali keterlibatan Pak Tafdil dalam sejumlah kasus korupsi, seperti dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pembangunan gedung VIP Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana yang menelan anggaran sekitar Rp9,4 miliar yang saat ini masih bergulir di Ditreskrimsus Polda Sulawesi Tenggara (Sultra),” ujarnya dalam orasinya.

Ia juga menjelaskan, saat ini sejumlah pihak yang diminta penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sultra sudah menjalani pemeriksaan, termasuk eks atau mantan Bupati Bombana, Tafdil dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bombana.

“Pemeriksaan terhadap Pak Tafdil sangat tepat karena bagian dari upaya untuk mengusut tuntas indikasi penyimpangan anggaran dalam proyek yang didanai oleh APBD Bombana,” kata Fathur menegaskan.

Menurut Fathur, Tafdil adalah mantan Bupati yang memang sudah pasti dinilai mengetahui seluk-beluk persoalan.

Namun, lanjut Fathur, saat ini publik masih dibuat bingung dengan berkas perkara kasus dugaan korupsi di pembangunan gedung VIP RSUD Bombana ini, ketidakpastian berjalannya kasus ini mengundang kecurigaan dari berbagai pihak. Ia juga mempertanyakan kelanjutan proses hukumnya yang sedang berlangsung.

Menurut Fathur, Polda Sultra dan Kejati Sultra seakan mengulur waktu untuk memproses hukum kasus dugaan penyimpangan anggaran pembangunan gedung VIP RSUD Bombana tersebut. Kalau begini, Mabes Polri dan Kejagung bisa mengambil alih, sehingga kasus ini bisa segera terselesaikan.

“Diperiksanya mantan Bupati Bombana, Tafdil, semakin menambah kecurigaan atas dugaan keterlibatan dia dalam kasus ini, ditambah berkas perkara yang tak kunjung ada kejelasan untuk diproses di Kejati Sultra,” ujarnya.

“Untuk itu, Gerakan Ganyang Koruptor (GAGAK) menuntut kepada Mabes Polri dan Kejagung RI untuk turun mengusut tuntas dugaan korupsi pembangunan gedung VIP RSUD Bombana,” sambung Fathur.

Selain itu, para demonstran juga menyampaikan beberapa tuntutan terkait dengan demonstrasi yang dilakukan di depan Gedung Kejagung, diantaranya:

1) Mendesak Mabes Polri agar memberikan atensi perkara terkait dugaan korupsi pembangunan Gedung VIP RSUD Bombana yang Diduga melibatkan eks Bupati Bombana Tafdil di Polda Sultra.

2) Segera tersangkakan Tafdil karena Diduga kuat terlibat korupsi pembangunan Gedung VIP RSUD Bombana.

3) Meminta Mabes Polri dan Kejagung turun ke Polda Sultra dan Kejati Sultra untuk Supervisi dugaan korupsi pembangunan Gedung VIP RSUD Bombana.

4) Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sultra Jangan Sampai Masuk Angin, Bersihkan Koruptor di Bombana Sultra,

5), mendesak Kejagung Ambil Alih Kasus Perkara Korupsi Pembangunan Gedung VIP RSUD Bombana, karena Diduga Ada Kongkalikong di Kejati Sultra.

Laporan Ferito Julyadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan ikuti WhatsApp channel portal.id