Tekno & Sains

Apple Umumkan macOS Sequoia: Deretan Fitur Baru & Perangkat Apple kompatibel

×

Apple Umumkan macOS Sequoia: Deretan Fitur Baru & Perangkat Apple kompatibel

Sebarkan artikel ini
Gambar antarmuka macOS Sequoia
Gambar antarmuka macOS Sequoia

Tekno.Portal.id – Apple baru saja meluncurkan macOS Sequoia, sistem operasi terbaru mereka yang menghadirkan berbagai peningkatan signifikan untuk pengguna Mac. Dikenal dengan desain yang intuitif dan fungsionalitas yang kuat, macOS Sequoia memperkenalkan fitur-fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas, keamanan, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Pengenalan Apple Intelligence

Salah satu sorotan utama dari macOS Sequoia adalah Apple Intelligence. Teknologi ini menggunakan konteks pribadi pengguna untuk memberikan saran dan informasi yang relevan secara real-time. Fitur ini akan tersedia pada perangkat Mac dengan chip Apple silicon, membawa peningkatan signifikan dalam efisiensi kerja dan navigasi.

Continuity: Integrasi iPhone dan Mac

Dengan iPhone Mirroring, pengguna dapat melihat dan mengendalikan iPhone mereka langsung dari Mac. Fitur ini memungkinkan notifikasi iPhone muncul di Mac, dan pengguna dapat dengan mudah memindahkan file antara kedua perangkat menggunakan fitur drag-and-drop.

Produktivitas yang Ditingkatkan

macOS Sequoia memperkenalkan beberapa fitur produktivitas baru seperti Easy Window Tiling, yang memungkinkan pengguna mengatur jendela aplikasi dengan lebih mudah melalui drag-and-drop ke tepi layar. Ada juga Presenter Preview untuk memastikan konten yang dibagikan dalam panggilan video terlihat seperti yang diinginkan pengguna sebelum ditampilkan ke peserta lain.

Safari: Penjelajahan Web yang Lebih Pintar

Safari mendapatkan pembaruan besar dengan fitur Highlights yang secara otomatis menyoroti informasi penting di halaman web. Pembaruan ini juga mencakup peningkatan pada Reader Mode, yang kini menyertakan tabel konten dan ringkasan artikel untuk membantu pengguna memahami isi artikel sebelum membacanya secara lengkap.

Aplikasi Password: Keamanan Terpusat

Password app di macOS Sequoia memungkinkan pengguna menyimpan semua kredensial mereka di satu tempat dengan keamanan enkripsi end-to-end. Aplikasi ini mendukung sinkronisasi antar perangkat, memastikan pengguna dapat mengakses kata sandi mereka dari Mac, iPhone, iPad, dan bahkan Windows melalui iCloud for Windows.

Peningkatan Gaming

Pengguna Mac kini dapat menikmati game baru dan yang akan datang dengan kualitas grafis tinggi berkat dukungan Metal 3 dan Apple silicon. Beberapa judul yang tersedia termasuk “Prince of Persia: The Lost Crown”, “Frostpunk 2”, dan “Dead Island 2”.

Fitur Pesan Baru

macOS Sequoia memperkenalkan cara baru untuk bermain dengan teks di iMessage. Pengguna dapat menambahkan efek animasi ke teks dan menggunakan emoji atau stiker dalam Tapback. Selain itu, fitur Send Later memungkinkan pengguna menjadwalkan pesan untuk dikirim pada waktu tertentu.

Peningkatan Aplikasi Maps

Maps di macOS Sequoia sekarang mencakup peta topografi dengan jaringan jalur dan pendakian yang detail, termasuk semua taman nasional di AS. Pengguna juga dapat menyimpan rute pendakian untuk akses offline.

Notes dengan Transkripsi Langsung

Aplikasi Notes kini mendukung transkripsi audio langsung, memungkinkan pengguna merekam sesi audio dalam catatan dan menghasilkan transkripsi yang dapat dicari. Fitur Math Notes juga diperkenalkan untuk menyelesaikan ekspresi matematika langsung dalam catatan.

AirPods: Interaksi Hands-Free

Pengguna AirPods Pro generasi kedua kini dapat merespons Siri dengan menganggukkan kepala untuk “ya” atau menggelengkan kepala untuk “tidak”. Fitur Voice Isolation memastikan suara tetap jernih dalam panggilan, bahkan di lingkungan berisik.

Ketersediaan dan Kompatibilitas

macOS Sequoia akan tersedia untuk iMac 2019 dan model terbaru, iMac Pro 2017 dan model terbaru, Mac Studio 2022, MacBook Air 2020 dan model terbaru, Mac mini 2018 dan model terbaru, MacBook Pro 2018 dan model terbaru, dan Mac Pro 2019 dan model terbaru.

Apple mengundang pengguna untuk bergabung dalam Apple Beta Software Program untuk mencoba fitur-fitur baru ini sebelum rilis resmi musim gugur ini. Bagi pengembang, Apple menyediakan alat dan dokumentasi untuk mengoptimalkan aplikasi mereka untuk macOS Sequoia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur-fitur macOS Sequoia, kunjungi situs resmi Apple.

Dengan macOS Sequoia, Apple terus mendorong batasan inovasi dan memberikan pengguna alat yang lebih baik untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka. Tetap ikuti Tekno.Portal.id untuk update terbaru seputar teknologi dan inovasi dari Apple dan industri lainnya.

Laporan Rijal 

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.