Tekno & Sains

iOS 18 Segera Rilis, Ini Deretan 20 Fitur Terbaru dan Perangkat iPhone yang Kompatibel

×

iOS 18 Segera Rilis, Ini Deretan 20 Fitur Terbaru dan Perangkat iPhone yang Kompatibel

Sebarkan artikel ini
iOS 18
iOS 18

Tekno.Portal.id – Apple kembali menghadirkan inovasi terbarunya dengan peluncuran iOS 18. Sistem operasi terbaru ini membawa sejumlah fitur baru dan peningkatan performa yang diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna iPhone. Pada artikel ini, kami akan membahas secara mendetail fitur-fitur terbaru dari iOS 18 serta perangkat iPhone yang akan mendukung pembaruan ini.

20 Fitur iOS 18 yang Kamu Harus Ketahui

Berikut ini adalah 20 fitur utama yang dihadirkan oleh iOS 18:

1. Desain Antarmuka Baru

iOS 18 hadir dengan desain antarmuka yang lebih segar dan modern. Perubahan ini mencakup ikon aplikasi yang lebih halus, animasi yang lebih mulus, serta tata letak yang lebih intuitif untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

2. Mode Gelap yang Ditingkatkan

Mode Gelap kini lebih baik dengan penyesuaian otomatis berdasarkan pencahayaan sekitar. Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman visual yang lebih nyaman di berbagai kondisi.

3. Widget Interaktif

Widget di iOS 18 kini lebih interaktif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna dapat menambahkan dan mengatur widget di layar utama untuk akses cepat ke informasi penting.

4. Fitur Keamanan dan Privasi yang Lebih Kuat

Keamanan dan privasi tetap menjadi prioritas utama Apple. iOS 18 memperkenalkan perlindungan data yang lebih baik, termasuk peningkatan pada fitur pengenalan wajah dan enkripsi data.

5. Aplikasi Kesehatan yang Lebih Komprehensif

Aplikasi Kesehatan mendapatkan pembaruan signifikan dengan fitur-fitur baru yang memungkinkan pemantauan kesehatan yang lebih detail, termasuk integrasi dengan perangkat medis dan rekomendasi kesehatan yang lebih personal.

6. Siri yang Lebih Pintar

Siri, asisten virtual Apple, kini lebih pintar dengan kemampuan memahami konteks yang lebih baik dan memberikan jawaban yang lebih akurat. Siri juga dapat melakukan lebih banyak tugas berdasarkan perintah suara.

7. Teknologi Augmented Reality (AR) yang Lebih Baik

Peningkatan pada teknologi AR memungkinkan pengalaman yang lebih realistis dan interaktif. iOS 18 meningkatkan kemampuan pemrosesan dan rendering AR untuk aplikasi dan game yang lebih imersif.

8. Peningkatan Performa dan Efisiensi Baterai

Optimalisasi sistem di iOS 18 memastikan performa yang lebih cepat dan efisiensi baterai yang lebih baik. Pengguna dapat menikmati penggunaan yang lebih lancar dan daya tahan baterai yang lebih panjang.

9. Fitur Multitasking yang Lebih Baik

iOS 18 menghadirkan peningkatan pada fitur multitasking, memungkinkan pengguna untuk mengelola beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lebih mudah dan efisien.

10. Fitur Notifikasi yang Ditingkatkan

Notifikasi di iOS 18 lebih informatif dan mudah dikelola. Pengguna dapat mengatur prioritas notifikasi dan menyesuaikan tampilannya sesuai kebutuhan.

11. Mode Fokus yang Diperbarui

Mode Fokus kini lebih canggih dengan penyesuaian yang lebih fleksibel. Pengguna dapat mengatur mode fokus untuk situasi yang berbeda, seperti bekerja, tidur, atau bersosialisasi.

12. Aplikasi Pesan yang Ditingkatkan

Aplikasi Pesan di iOS 18 mendapatkan berbagai peningkatan, termasuk fitur baru untuk mengelola percakapan dan berbagi konten dengan lebih mudah.

13. Peningkatan pada Kamera dan Foto

Aplikasi Kamera dan Foto mendapatkan fitur baru untuk pengambilan gambar dan pengeditan yang lebih baik. Pengguna dapat menikmati kualitas foto yang lebih tinggi dengan alat pengeditan yang lebih canggih.

14. Fitur Pengetikan yang Lebih Canggih

Keyboard di iOS 18 kini lebih responsif dan mendukung lebih banyak bahasa serta emoji. Fitur pengetikan prediktif juga diperbarui untuk meningkatkan akurasi pengetikan.

15. Apple Maps yang Lebih Baik

Apple Maps mendapatkan peningkatan signifikan dengan peta yang lebih detail dan fitur navigasi yang lebih akurat. Pengguna dapat menemukan lokasi dan mendapatkan petunjuk arah dengan lebih mudah.

16. Aplikasi Cuaca yang Lebih Informative

Aplikasi Cuaca di iOS 18 menawarkan informasi cuaca yang lebih lengkap dan akurat. Pengguna dapat melihat prakiraan cuaca yang lebih detail dan kondisi cuaca real-time.

17. Fitur Penghemat Data

iOS 18 memperkenalkan fitur penghemat data yang memungkinkan pengguna mengontrol penggunaan data seluler. Ini sangat berguna bagi pengguna dengan paket data terbatas.

18. Fitur Penerjemah yang Lebih Baik

Aplikasi Penerjemah di iOS 18 mendapatkan peningkatan dengan dukungan lebih banyak bahasa dan kemampuan terjemahan yang lebih akurat. Pengguna dapat melakukan percakapan multibahasa dengan lebih mudah.

19. Fitur Game Center yang Ditingkatkan

Game Center di iOS 18 menawarkan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan dengan fitur baru untuk mengelola profil pemain dan menemukan teman bermain.

20. Integrasi dengan Perangkat Lain

iOS 18 meningkatkan integrasi dengan perangkat Apple lainnya, seperti Apple Watch dan Mac, untuk pengalaman yang lebih terhubung dan seamless.

Perangkat iPhone yang Kompatibel dengan iOS 18

Apple memastikan bahwa sejumlah perangkat iPhone akan kompatibel dengan iOS 18. Berikut adalah daftar perangkat yang mendukung pembaruan ini:

1. iPhone 15 Series

2. iPhone 14 Series

3. iPhone 13 Series

4. iPhone 12 Series

5. iPhone 11 Series

6. iPhone XS dan XS Max

7. iPhone XR

8. iPhone X

9. iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3)

Langkah-langkah Menginstal iOS 18

Untuk menginstal iOS 18 pada perangkat iPhone Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cadangkan Data Anda

Sebelum memulai proses pembaruan, pastikan untuk mencadangkan semua data penting melalui iCloud atau iTunes untuk menghindari kehilangan data.

2. Pastikan Baterai Cukup

Pastikan baterai perangkat Anda terisi penuh atau setidaknya 50% untuk menghindari perangkat mati di tengah proses pembaruan.

3. Koneksi Wi-Fi Stabil

Gunakan koneksi Wi-Fi yang stabil untuk mengunduh file pembaruan yang biasanya berukuran cukup besar.

4. Pergi ke Pengaturan

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda, lalu pilih Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

5. Unduh dan Instal

Setelah pembaruan tersedia, pilih Unduh dan Instal. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.

Kesimpulan

iOS 18 membawa berbagai peningkatan dan fitur baru yang diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna iPhone. Dengan desain antarmuka yang diperbarui, fitur keamanan yang lebih kuat, serta berbagai fitur canggih lainnya, iOS 18 menjadi salah satu pembaruan sistem operasi yang paling dinantikan. Pastikan perangkat Anda kompatibel dan siap untuk menerima pembaruan ini agar dapat menikmati semua keunggulan yang ditawarkan oleh iOS 18.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan terkini, kunjungi situs resmi Apple atau pantau terus portal berita tekno.portal.id.

Laporan Rijal 

*Baca berita terkini lainnya di GOOGLE NEWS https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOXyuwsw8o3TAw
atau gabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.