Tekno & Sains

Cara Pantau Penyekatan Jalan Melalui Google Maps Saat PPKM Darurat

×

Cara Pantau Penyekatan Jalan Melalui Google Maps Saat PPKM Darurat

Sebarkan artikel ini
Google Maps. (Foto: Google)

Portal.id – Sejumlah jalan disekat dalam wilayah Jawa dan Bali yang menjadi lokasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 3 Juli 2021 lalu.

Seperti dikutip dari cnbcindonesia.com, penyekatan jalan ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka penularan Covid-19. Akan tetapi, penyekatan jalan ini membuat bingung sebagian masyarakat.

Namun, perlu diketahui bahwa penyekatan jalan ini bisa dipantau melalui platform Google Maps. Cara untuk melihatnya dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Maps.

Setelah itu, mengaktifkan fitur Layers yang terletak di kanan layar. Kemudian memilih Traffic di Maps Detail. Kemudian akan terlihat simbol khusus lingkaran warna merah pada peta sebagai tanda jalan yang ditutup.

Fitur ini sebenarnya bukan merupakan hal yang baru hadir setelah adanya PPKM Darurat. Google Maps telah menghadirkannya sejak beberapa tahun lalu.

Sebagai catatan, fitur tidak selalu memperlihatkan penyekatan jalan. Sebab Google menyebutkan hanya tersedia selama krisis. Para pengguna Google Maps juga bisa melaporkan penyekatan jalan pada platform. Laporan pun juga akan diperbarui secara berkala.

Berikut cara melaporkan penyekatan jalan:

Pengguna iPhone

Buka aplikasi Google Maps, lalu klik Explore. Setelah itu menuju ke Crisis tekan Report penutupan jalan.
Selanjutnya klik jalan yang ingin dilaporkan ditutup. Tekan Next dan tulis info tambahan mengenai penutupan jalan dan klik panah Send.

Pengguna ponsel Android

Pertama buka aplikasi Google Maps. Selanjutnya klik Explore dan Crisis lalu Report penutupan jalan.
Klik jalan yang ingin dilaporkan. Setelah itu tekan Next dan tulis info tambahan mengenai penutupan dan tekan Send.(p-03)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Portal.id. Mari bergabung di Channel WA Portal.id News Update, caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaLdQrVAInPtfv2KpA2p, kemudian gabung.