KENDARI, Portal. – Telkomsel memperingati 29 tahun perjalanannya sebagai provider layanan telekomunikasi yang senantiasa terus hadir mendampingi masyarakat Indonesia.
Mengusung tema ‘Maju Serentak Berikan Dampak’, peringatan 29 tahun ini menjadi komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap orang melalui ragam inisiatif, inovasi, dan aksi nyata.
Direktur Utama Telkomsel, Nugroho dalam keterangannya mengatakan Telkomsel akan terus maju dan bertumbuh untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional.
Salah satunya dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang.
Untuk mencapai hal tersebut, Telkomsel berupaya untuk menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang setiap rumah dan kegiatan usaha untuk membuka semua peluang.
“Visi dan Misi baru ini akan menjadi komitmen Perusahaan untuk terus melangkah maju memberikan kontribusi nyata sehingga terus menjadi mitra terpercaya masyarakat dan bangsa,” jelas Nugroho.
Dijelaskannya juga, selama 29 tahun, Telkomsel telah secara konsisten menyediakan dan meningkatkan konektivitas infrastruktur jaringan broadband terdepan yang merata dan setara.
Yaitu dengan menghadirkan jaringan 5G pertama dan terluas di Indonesia yang mencakup lebih dari 53 kota/kabupaten, dan telah dimanfaatkan dalam mendukung beberapa sector.
Untuk memudahkan akses telekomunikasi bagi masyarakat, Telkomsel saat ini memiliki 257.300 BTS yang tersebar di seluruh pelosok negeri.
“Telkomsel telah meraih berbagai penghargaan, termasuk Best Mobile Network selama 5 kali berturut dan Best Mobile Coverage serta Fastest Mobile Network dari Ookla®️ Speedtest Awards™️ 2023,” jelas Nugroho.
Dari sisi kinerja, data dan layanan digital mencatatkan kinerja positif di kuartal satu tahun 2024 dengan tumbuh sebesar 8,6% YoY dan meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan perusahaan menjadi 89,9% dari 84,4% tahun lalu.
Menyadari dinamika industri telekomunikasi yang kian berkembang, Telkomsel terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi berbagai tantangan dengan bertransformasi ke arah bisnis digital.
“Baik untuk segmen Business-to-Business (B2B) maupun Business-to-Consumer (B2C),” ungkap Nugroho.
Melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise, bersama TelkomGroup bersikap konsisten menjadi mitra utama dalam mendorong transformasi digital di segmen B2B, korporasi, dan industri.
Guna mewujudkan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan pertumbuhan bisnis baru, Telkomsel juga memiliki peta jalan ekosistem inovasi yang mencakup berbagai hal.
Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini telah bergerak mengembangkan inovasi bersama para stakeholder untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.
Pada aspek sosial, Telkomsel telah meluncurkan beragam inisiatif CSR yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat guna membentuk masa depan yang lebih baik.
Selain sebagai bagian dari peta jalan ekosistem inovasi, program NextDev telah berperan sebagai impact incubator yang mendukung startup digital berdampak sosial di Indonesia.
Dengan sejumlah 143 early-stage startup yang telah berhasil di inkubasi, selain itu program IndonesiaNEXT juga telah membantu lebih dari 6.500 talenta muda dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing di era digital.
Kemudian, Internet BAIK yang memberikan pelatihan literasi digital kepada lebih dari 29 ribu peserta, termasuk pelajar, guru, orang tua, dan komunitas untuk menghadirkan ruang digital yang Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif.
Sementara program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang berfokus mengakselerasi kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia.
“Telkomsel, telah mendukung akselerasi transformasi digital di lebih dari 2.500 UKM lokal,” pungkasnya.